Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Brawijaya Smart School Malang semester gasal tahun pelajaran 2016/2017 / Nur Ummi Kulsum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Brawijaya Smart School Malang semester gasal tahun pelajaran 2016/2017 / Nur Ummi Kulsum

Kulsum, Nur Ummi (2017) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Brawijaya Smart School Malang semester gasal tahun pelajaran 2016/2017 / Nur Ummi Kulsum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kulsum NurUmmi 2017. Penerapan Model PembelajaranMind MappinguntukMeningkatkankreativitasdanHasilBelajarSiswaKelas X IPS 2 Pada Mata PelajaranEkonomi di SMA Brawijaya Smart School Malang Tahunpelajaran 2016/2017. JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si. Kata Kunci Mind Mapping Kreativitas HasilBelajar Seorang guru untukmenciptakanhasilpembelajaran yang baikdansesuaidengantujuanmakadiperlukanupayadengancaramemperhatikanpolabelajarsiswa menguasaimateripelajaran memilihsuatu model pembelajaran yang tepatdantidakmembosankanataumonotonsertamelakukan proses pembelajaran yang efektif. Guru harustelitidalampenerapan model pembelajaran di dalamkelas. Kegiatanpembelajaran di SMA Brawijaya Smart School Malang khususnyadikelas X IPS 2 menunjukkanbahwapembelajaranmasihbersifatkurangefektifsehinggamenimbulkankondisi yang kurangkondusif yang mengakibatkansiswakurangantusiasmengikutipembelajarandanjugasulituntukmemahamimateripelajaran. Model pembelajaranMind Mapping dalampenelitianiniadalahpembelajaraninovatifuntukmemperbaikiteknikmencatattradisional yang menuntutsiswamembuatmind mappingsecarakreatifdalamkelompokkecilsecaraheterogen yang beranggotakan 4 sampai 5 orang siswadenganmelibatkanperpaduankerjaotakkanandanotakkiri. Mind mappingberisikan ide utamadangambarutama yang ditulismenggunakan kata kunci yang dihubungkanmelaluicabangdenganwarna yang berbedasertamenggunakangambar yang menarik. Mind mappingdikerjakansecaraindividukemudiandipresentasikan. Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuibahwapenerapan model pembelajaranMind Mappingmampumeningkatkankreativitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelas X IPS 2 di SMA Brawijaya Smart School Malang. PenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas (PTK) sehinggakehadirandanperanpeneliti di lapangansangatdiperlukan. Data daripenelitianinidikumpulkanmelaluilembarobservasi dokumentasi catatanlapangan soal test. Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukankelas X IPS 2 di SMA Brawijaya Smart School Malang dapatdiketahuibahwa (1) Penerapan model pembelajaranMind Mappingmampumeningkatkankreativitassiswapadamatapelajaranekonomi. (2) Penerapan model pembelajaranMind Mappinguntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomi. Saran yang bisadiberikandalampenelitianiniadalah (1) Bagi guru bagi guru matapelajaranEkonomi agar menerapkan model pembelajaranMind Mapping sebagaialternatif model pembelajaran yang tepatuntukmeningkatkankreativitasbelajardanhasilbelajarsiswa.(2) Bagisiswa dapatbelajardengangiatdanberanimengungkapkanpendapatnyauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa. (3) BagiPenelitilain disarankandapatdijadikansebagaireferensidandiharapkanselainmenelititentangkreativitasdanhasilbelajarsiswajugamenelititentangkemampuanberkarakterlainnyasepertikemampuanberpikirkritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39729

Actions (login required)

View Item View Item