Pengaruh suku bunga kredit dan jangka waktu pemberian kredit terhadap jumlah pemberian kredit pada debitur bank X" di kota Malang <BR>oleh Berlian Pahlevi Dwi Yudi Utami" - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh suku bunga kredit dan jangka waktu pemberian kredit terhadap jumlah pemberian kredit pada debitur bank X" di kota Malang <BR>oleh Berlian Pahlevi Dwi Yudi Utami"

Utami, Berlian Pahlevi Dwi Yudi (2003) Pengaruh suku bunga kredit dan jangka waktu pemberian kredit terhadap jumlah pemberian kredit pada debitur bank X" di kota Malang <BR>oleh Berlian Pahlevi Dwi Yudi Utami". Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Film Anak hasil belajar menulis cerita. Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tingkat kemampuan yang diharapkan. Belajar bahasa Indonesia dibagi dalam empat aspek yaitu mendengarkan berbicara membaca dan menulis. Dalam pelaksanaan pembelajaran tingkat Sekolah Dasar keempat aspek tersebut berjalan saling berkaitan dan beriringan. Dalam pengembangan ketrampilan berbahasa harus ada salah satu aspek ketrampilan kebahasaan yang diutamakan dan ketrampilan yang lain adalah salah satu ketrampilan pendukung. Keterampilan menulis merupakan aspek keterampilan bahasa yang penting. Oleh karena itu dibutuhkan media untuk memudahkan siswa dalam menulis. Salah satu media pembelajaran yang dapat dipergunakan adalah film anak. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana hasil belajar menulis cerita yang dibelajarkan menggunakan cerita guru (2) Bagaimana hasil belajar menulis cerita yang dibelajarkan menggunakan media film anak dan (3) Pengaruh penggunaan film anak terhadap hasil belajar menulis cerita siswa kelas IV SDN. Tanjungrejo 5 Kota Malnag. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasi eksperimen). Rancangan eksperimental semu digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV Kecamatan Sukun Kota Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B SDN. Tanjungrejo 5. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari silabus RPP LKS dan media film anak). Instrumen pengukuran penelitian yaitu intrumen hasil belajar pre-tes dan post-tes. Analisis data dilakukan dengan uji t pada signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol sebesar 66 14 dengan persen ketuntasan 70 58% (2) rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen adalah sebesar 77 05 dengan persen ketuntasan 91 17% (3) hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol (thitung (6 053) ttabel(1 996)). Dari paparan data di atas disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar menulis cerita siswa kelas IV SDN. Tanjungrejo 5 yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran film anak dengan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran cerita guru pada materi pokok menulis cerita. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran film anak baik digunakan untuk membelajarkan materi menulis cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39721

Actions (login required)

View Item View Item