Pengaruh kualitas layanan terhadap partisipasi anggota pada koperasi Ikatan Guru Muhammadiyah (IGM) Ponorogo <BR>oleh Fuad Asyari

Asyari, Fuad (2002) Pengaruh kualitas layanan terhadap partisipasi anggota pada koperasi Ikatan Guru Muhammadiyah (IGM) Ponorogo <BR>oleh Fuad Asyari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fuad Asyari, 2002. Pengaruh kualitas layanan terhadap partisipasi anggota Koperast IGM Ponorogo, Skripsi, Program Pendidikan Ekonomi Koperasi, Jurusan studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Unversitas Negerr Malang. Pembimbing:( I)Dra. SoemiatiA chrini, (II) Drs. SugengH adi Utomo, M. Ec. Kata Kunci: Pengaruh layanan, Partisipasi anggota Koperasi merupakan salah satu bentuk badan usaha yang mempunyai ciri tersendiri, sehingga berbeda dengan bentuk usaha lainnya' Koperasi merupakan orjuniruri usutra'lang beranggotakan orang seorang dan bukan kumpulan modal. Seiingga keduduian anggod berada di tempat tertinggi dalam koperasi. Anggota a"*ilng sebagai pemitlt< juga sebagai konsumen atau pelanggan koperasi' Karena itu -aiu"atuu i,undurnya -kJperasi iungut dipengaruhi oleh bagaimana keaktifan fartisiiasi anggotanya. Sed-gtu. kemauan berpartisipasi anggota dipengaruhi oleh kualitas layanan yang diberikan koperasi kepi Partisipasi merupakan pengambilan kegiatan koperasi baik dalam bidang or Koperasi Ikatan Guru Muhammadiyah Por dari hak dan kewajiban anggota pada kewajibannya anggota akan dapat merea ,".u* t"bi6 bark. Namun mengetahui saja tanpa disertai kesadaran untuk melaksanakannyaJ uga percuma Sudah menjadi keharusan bagi anggota untuk melaksanakak ewajibnnya dan tidak hanya sekedarm enuntut haknya' Dalam penelitia-n ini menggunakan dua variabel yaitu: variabel bebas dan variabel terikai. Variabel bebas terdiri dari: Layanan unit Toko Konsumsi dan Layanan unit usaha simpan pinjam Sedang variabel terikatnya adalah partisipasi anggota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan unit usaha pertokan dan unit usaha simpan pinjam serta bagaimana pengaruh kualttas layanan terhadap partisipasi anggota. populasi 'dulu.n penJitian ini adalah anggota koperasi Ikatan Guru Muhammadiyah Ponorogoyang berjumlah 531 orang. Sampel yang diambil l5o/o dui tiap-tiap sub populasi pl"n.tttiu". Untuk mengumpulkan data meng-gunakana ngket dan dolumen iedang analisis datanya menggunakan analisis Regresi Linier Berganda den-g anp rogramS PSSf or windowsv ersi9 .0. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Layananu nit usahaT oko Konsumsdi alamk ondisiy angc ukupm emuaska2n) Iayanan unit usaha Simpan Pinjam dalam keadaaan yang cukup memuaskan(3) Partisipasai nggota dalam bidang organisasi,b idang usaha, dan dalam bidang permodaland alam kondisi cukup berpartisipasi(4a) da pengaruhy ang signifikan antarak ualitasl ayanand enganp artisipasai nggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39716

Actions (login required)

View Item View Item