Pengaruh disiplin belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Kunir Blitar semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Moh. Ainul Mustamsikin

Mustamsikin, Moh. Ainul (2019) Pengaruh disiplin belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Kunir Blitar semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Moh. Ainul Mustamsikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mustamsikin, Moh, Ainul. 2017. Pengaruh Disiplin Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS di MAN Kunir Blitar Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si, (II) RoÔÇÖufah Inayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Hasil Belajar, MAN Kunir Blitar. Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah menerima pengalaman belajar dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di MAN Kunir Blitar, terdapat 42% siswa yang memperoleh nilai ulangan harian di bawah standar ketuntasan minimal. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, salah satunya adalah disiplin belajar siswa dan pemanfaatan perpustakaan sekolah. Bedasarkan observasi yang telah dilakukan di MAN Kunir Blitar, masih banyak siswa yang datang terlambat ke sekolah, siswa ramai saat di dalam kelas, bahkan membolos sekolah. Selain disiplin belajar, Pemanfatan perpustakaan sekolah juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kelengkapan fasilitas belajar tidak dapat menjamin terselenggaranya proses belajar dengan baik. Akan tetapi, bagaimana fasilitas belajar tersebut dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS MAN Kunir Blitar. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi karena bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel-variabel yang diteliti. Adapun subjek penelitian ini adalah kelas XI IIS MAN Kunir Blitar. Adapun kelas XI IIS terdiri dari 4 kelas, dengan total siswa sebanyak 167 siswa dan sampel sejumlah 118 siswa. Penelitian menggunakan metode angket. Teknis penggunaan metodenya adalah dengan cara menyajikan langsung daftar pertanyaan yang berkaitan dengan variabel disiplin belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui rata-rata nilai ulangan harian siswa dan nilai UTS siswa kelas XI IIS semester genap tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa adalah 31,7%. Besarnya pengaruh pemanfaatan perpustakan sekolah terhadap hasil belajar siswa adalah 27,4%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh disiplin belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS MAN Kunir Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39682

Actions (login required)

View Item View Item