Pengaruh minat dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Plumpang Tuban tahun pelajaran 2016/2017 / Setyo Jati Hidayat

Hidayat, Setyo Jati (2018) Pengaruh minat dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Plumpang Tuban tahun pelajaran 2016/2017 / Setyo Jati Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Setyo. 2017. Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 1 Plumpang Tuban Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si. (2) Drs. H. Sapir S.Sos. M.Si Kata Kunci Minat Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar Latar belakang masalah penelitian ini adalah mengenai minat belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran ekonomi dan mengenai lingkungan belajar yang belum kondusif di SMA N 1 Plumpang yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas x SMA N 1 Plumpang Tuban Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1)bagaimana gambaran tingkat minat belajar siswa (2)bagaimana gambaran kondusifitas lingkungan belajar (3)bagaimana gambaran tingkat hasil belajar siswa (4)adakah pengaruh minat terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (5)adakah pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (6)adakah pengaruh minat dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Penelitian menggunakan metode survei eksplanasi teknik pengumpulan data menggunakan cara penyebaran angket. Instrumen yang digunakan adalah angket model skala likert dengan analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Populasi kelas x SMA N 1 plumpang berjumlah 142siswa dengan sampel 59 siswa.Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik probabilitas sampling dengan metode sampling acak. Berdasarkan teori dapat dikatakan bahwa minat belajar terdiri dari ketertarikan untuk belajar perhatian dalam belajar motivasi dan pengetahuan. Sedangkan lingkungan belajar yaitu terdiri dari lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian di SMA N 1 Plumpang Tuban khususnya pada mata pelajaran ekonomi didapatkan hasil bahwa (1)minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar (2) lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar serta (3) minat dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39681

Actions (login required)

View Item View Item