Pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan pemanfaatan media jejaring sosial terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas IX IPS SMA Negeri 1 Talun Kab. Blitar / Faiza Millati

Millati, Faiza (2018) Pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan pemanfaatan media jejaring sosial terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas IX IPS SMA Negeri 1 Talun Kab. Blitar / Faiza Millati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Millati, Faiza. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Pemanfaatan Media Jejaring Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.P., Ak. (II) Dr. Imam Mukhlis, S.E.,M.Si. Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Media Jejaring Sosial, Hasil Belajar Hasil belajar merupakan hasil proses belajar siswa dalam kurun waktu tertentu yang dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Status sosial ekonomi orang tua dan pemanfaatan media jejaring sosial merupakan faktor ekstern. Perbedaan status sosial ekonomi orang tua dan pemanfaatan media jejaring sosial ditemukan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talun. Siswa dengan status sosial ekonomi orang tua menengah keatas memiliki kecenderungan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Orang tua dengan kondisi ekonomi menengah keatas akan mampu menyediakan sarana dan prasarana belajar yang mendukung kegiatan belajar anaknya. Media jejaring sosial sebagai media berkomunikasi bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar dan grup diskusi antar siswa sehingga akan mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. (2) pengaruh pemanfaatan media jejaring sosial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talun (3) pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan pemanfaatan media jejaring sosial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Talun yang berjumlah 81 siswa. Sampel yang digunakan merupakan sampel populasi yaitu sejumlah 81 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan pengolahan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Talun; (2) pemanfaatan media jejaring sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Talun; (3) status sosial ekonomi orang tua dan pemanfaatan media jejaring sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Talun. Saran yang dapat peneliti berikan antara lain: (1) bagi guru, hendaknya media jejaring sosial bisa dimanfaatkan sebagai media belajar dan grup diskusi yang menarik. (3) bagi peneliti lain, hendaknya menambah jumlah sampel penelitian dengan lokasi penelitian yang lebih luas agar mendapatkan gambaran pengaruh dari variabel yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39680

Actions (login required)

View Item View Item