Penerapan model debate dipadu dengan mopdel Numbered Heads Together (NHT) berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2015/2016) / Yuliandy Rige Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model debate dipadu dengan mopdel Numbered Heads Together (NHT) berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2015/2016) / Yuliandy Rige Irawan

Irawan, Yuliandy Rige (2018) Penerapan model debate dipadu dengan mopdel Numbered Heads Together (NHT) berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2015/2016) / Yuliandy Rige Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawan Yuliandy R. 2016. Penerapan Model Debate Dipadu Dengan Model Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Siswa Kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. Ak (II) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci keaktifan debate dan numbered heads together (NHT) Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang pada kelas XI IIS 3 diketahui bahwa permasalahan yang dihadapi di sekolah tersebut adalah proses pembelajaran yang diterapkan guru sebagian besar disajikan dengan model ceramah dan pemberian tugas serta belum diterapkannya studi pembelajaran (Lesson Study). Selain itu peserta didik masih cenderung kurang memperhatikan atau mengamati pelajaran ekonomi dan beberapa peserta didik banyak yang kurang aktif atau pasif dalam keikutsertaan berpendapat di kelas sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan yaitu model debate dipadu dengan model numbered heads together (NHT) berbasis lesson study yang diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta membantu pengembangan pengalaman profesi guru untuk menjadi guru profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan penerapan model debate dipadu dengan model numbered heads together (NHT) berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui lesson study. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan tahun ajaran 2015/2016. Data yang digunakan adalah penerapan model debate dipadu dengan model numbered heads together (NHT) berbasis lesson study dari telaah rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar observasi dan keaktifan siswa dari lembar observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi catatan lapangan dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa kelas XI IIS 3. Hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil peningkatan keaktifan siswa siklus I sebesar 69 63% dan pada siklus II meningkat 77 78%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model debate dipadu dengan model numbered heads together (NHT) berbasis lesson study dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang. Saran untuk guru mata pelajaran Ekonomi bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39675

Actions (login required)

View Item View Item