Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus materi peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia pada kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2016/2017) / Apriyana Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus materi peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia pada kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2016/2017) / Apriyana Puspita Sari

Sari, Apriyana Puspita (2017) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus materi peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia pada kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2016/2017) / Apriyana Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Puspita Sari Apriyana. 2017. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Materi Peran Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia Pada Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M.Si (II) Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci upaya guru kesulitan belajar siswa Pada umumnya setiap guru dalam kegiatan belajar mengajar menginginkan tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pada faktanya aktivitas belajar bagi siswa tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar kadang juga tidak lancar dan dapat pula terasa sangat sulit. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa sangat diperlukan agar tercapai tujuan pendidikan dan pengembangan potensi siswa maka diadakan penelitian ini dengan tujuan (1) Mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang pada materi peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia (2) Mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan kesulitan belajar siswa tersebut dan (3) Mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil studi kasus pelajaran Ekonomi materi Peran Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia pada kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan di kelas XI IPS 3 saat pembelajaran Ekonomi berlangsung. Informan wawancara adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI IPS 3. Teknik pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa yaitu dalam hal memahami perbedaan bentuk pelaku Ekonomi. Faktor yang menimbulkan kesulitan belajar siswa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal yaitu rasa malas serta kurangnya minat belajar dan faktor eksternal yaitu pengaruh teman sekelas dan kurangnya buku pelajaran ekonomi yang tersedia di perpustakaan sekolah. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah dengan membuat tutor sebaya menggunakan metode belajar yang bervariasi dan memberikan motivasi belajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa belum berhasil secara maksimal. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya siswa yang nilai ulangannya di bawah KKM karena minat siswa dalam belajar Ekonomi belum tertancap kuat sehingga perlu dilakukan upaya lain yang lebih efektif. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode role playing agar siswa lebih mudah memahami materi peran pelaku Ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39674

Actions (login required)

View Item View Item