Pangastuti, Dyah Ani (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran teori akuntansi bermuatan etika dengan pendekatan kontekstual / Dyah Ani Pangastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dyah Ani Pangastuti 2017 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teori Akuntansi Bermuatan Etika Dengan Pendekatan Kontekstual. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Erry Tri Djatmika RWW M.A. MSi (II) Prof. Dr. Bambang Sugeng M.A. M.M. (III) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Teori Akuntansi Bermuatan Etika Dengan Pendekatan Kontekstual Studi ini dilatarbelakangi oleh International Education Standars (IES) yang diterbitkan oleh IFAC (International Federation of Accountants) yang menyatakan bahwa program pendidikan akuntansi sebaiknya memberikan kerangka nilai etika dan sikap profesional. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendiskripsikan permasalahan dan kebutuhan bahan ajar Teori Akuntansi dengan muatan etika (2) Untuk mengembangkan desain silabus rencana pembelajaran panduan pembelajaran dan bahan ajar Teori Akuntansi bermuatan etika (3) Untuk mendeskripsikan hasil pengembangan silabus rencana pembelajaran dan bahan ajar Teori Akuntansi bermuatan etika. (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan model kontekstual dalam pembelajaran Teori Akuntansi bermuatan etika. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Borg dan Gall (2003) dengan tahapan utamanya meliputi (1) studi pendahuluan yang terdiri dari survei permasalahan dan kebutuhan (2) pengembangan produk awal yang terdiri dari penyusunan bahan ajar yang berupa buku ajar uji produk awal melalui uji validasi ahli dan uji terbatas dan (3) uji produk akhir/uji lapangan. Data pada tahap uji produk menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian memberikan temuan sebagai berikut (1) Dari hasil pengkajian tujuan pembelajaran Teori Akuntansi belum mencerminkan pendidikan etika dalam akuntansi bahan ajar yang berupa buku ajar Teori Akuntansi belum mengintegrasi dengan muatan etika model pembelajaran yang digunakan belum bersifat kontekstual (2) Desain bahan ajar berupa buku ajar meliputi tujuan pembelajaran pengorganisasian materi kasus dan penilaian (3) Hasil uji produk awal menunjukkan bahwa secara keseluruhan rancangan buku ajar yang dihasilkan berkatagori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil evaluasi mahasiswa yang menempuh mata kuliah Teori Akuntansi dengan muatan etika pada pretest dan post test (4) Saran diseminasi hasil bahan ajar dan model pembelajaran ditujukan kepada perguruan tinggi yaitu dapat mengembangkan kurikulum dengan integrasi etika akuntansi (5) Penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan pada ruang lingkup dan permasalahan yang terbatas sehingga perlu penelitian lebih lanjut dengan skala yang lebih luas. ABSTRACT Dyah Ani Pangastuti 2017 Development of Learning Instrument Accounting Theory Contains Ethics With Contextual Approach. Dissertation. Economic Education Studies Program Postgraduate State University of Malang. Supervisor (1) Professor Dr. Erry Tri Djatmika RWW M.A. MSi (II) Prof. Dr. Bambang Sugeng M.A. M.M. (III) Dr. Sunaryanto M.Ed. Keywords Development of Learning Instrument Accounting Theory Contains Ethics With Contextual Approach The study is based on the International Education Standards (IES) published by IFAC (International Federation of Accountants) which states that accounting education programs should provide a framework of values ethics and professional attitudes. This research development is conducted with the aim of (1) to describe the problems and teaching materials needs of Accounting Theory with ethical content (2) To develop syllabus design lesson plans study guide and teaching materials Accounting theory is charged ethics (3) To describe the result Development of syllabus lesson plans and teaching materials Accounting Theory is loaded with ethics. (4) To describe the effectiveness of the contextual model in the study of ethical charged accounting theory. The research and development method used in this research is Borg and Gall (2003) development research method with main stages including (1) preliminary study consisting of problem and needs survey (2) initial product development consisting of preparation of teaching materials in the form of textbooks initial product test through expert validation test and limited test and (3) final product test / field test. Data at product test stage using questionnaire. The data obtained were analyzed descriptively quantitative. The results of the study provide the following findings (1) From the results of the assessment of the learning objectives of Accounting Theory has not reflected the ethical education in accounting teaching materials in the form of textbooks Accounting Theory has not been integrated with ethical content learning model used is not contextual (2) Teach the form of textbook covering the purpose of learning organizing the material cases and assessment (3) The results of initial product tests show that the overall design of textbooks produced good category. The result of field test shows that there are significant difference of result of evaluation of student who take course of Accounting Theory with ethical content on pretest and post test. (4) Dissemination suggestion of teaching material result and instruction model aimed to university that can develop curriculum with integration of accounting ethics (5 ) Research and development of learning devices is done on a limited scope and problems so that further research is needed on a wider scale.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |