Apriliana, Qina (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 6 SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun ajaran 2016/2017 / Qina Apriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aprilian Qina. 2016.Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 6 SMAN 1 Srengat Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sapir S.Sos. M.Si. (2) Prih Hardinto M. Si Kata Kunci Kooperatif Model Jigsaw Aktivitas Belajar Hasil Belajar Pemebelajaran ekonomi di kelas XI IPS 6 SMAN 1 Srengat Blitar metode pembelajarannya konvensional dan diskusi kelompok. Metode tersebut sudah memusatkan kegiatan terhadap siswa namun hanya beberapa siswa saja yang mau menunjukkan kemampuan akademisnya. Adanya masalah tersebut membuat siswa masih belum dapat mencapai kompetensi minimal. Oleh karena itu diperlukan model pemebelajaran yang dapat meningkatkan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa salah satunya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif . Penelitian dilakukan dalam empat tahap yang disebut siklus. Penulis pada pelaksanaanya penelitian bertindak sebagai pengamat sebelum penelitian perencana pelaksana pengambil data serta penganalisis data . Data-data diperoleh dari observasi aktivitas guru observasi aktivitas siswa tes serta catatan lapangan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan aktivitas serta hasil belajar meningkat setelah diterapkanya pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Siklus I aktivitas belajar siswa masih menunjukkan angka 71 76% atau kalau diwujudkan dengan angka masih mencapai taraf 2 atau setara cukup (C) setelah dilaksanakannya penerapan model Jigsaw taraf aktivitas belajar siswa meningkat 93 98% aktivitas belajar siswa sudah lebih baik. Hasil belajar siklus I rata- rata pre tes 61 9 dan belum mencapai ketentusan standar kkm dan pada siklus II hasil pos tes belajar siswa meningkat rata-rata ketuntasan menjadi 80 7 rata- rata siswa sudah mencapai ketuntasan. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) Bagi sekolah penelitian ini sebagai refleksi pembelajaran untuk lebih mengembangkan kualitas pembelajaran (2) Bagi guru mata dalam penerapan model pembelajaran kooperatif model Jigsaw sebaiknya memilih materi yang sesuai dengan model pembelajaran tersebut yaitu materi pembelajaran yang dirumuskan dengan tajam yang memiliki satu jawaban benar selain itu guru mata pelajaran ekonomi juga harus lebih memperhatikan kemampuan siswa secara heterogen pada diskusi kelompok tim ahli (3) Bagi siswa Penerapan pembelajarn kooperatif Jigsaw ini dapat digunakan sebagai alternatif pilihan cara belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal. (4)Bagi penelitian selanjutnya hendaknya mengelola kelas lebih baik lagi agar langkah-langkah pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39669 |
Actions (login required)
View Item |