Alasan ketertarikan siswa kelas X MIA pada mata pelajaran ekonomi peminatan di SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Luhur Adhika - Repositori Universitas Negeri Malang

Alasan ketertarikan siswa kelas X MIA pada mata pelajaran ekonomi peminatan di SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Luhur Adhika

Adhika, Luhur (2017) Alasan ketertarikan siswa kelas X MIA pada mata pelajaran ekonomi peminatan di SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Luhur Adhika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adhika Luhur. 2016. Alasan Ketertarikan Siswa Kelas X MIA Pada Mata Pelajaran Ekonomi Peminatan Di SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung (Kasus Pada Siswa Kelas X MIA-1 dan X MIA-2). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. (II) Dr. Agung Haryono SE. MP. Ak. Kata Kunci Persepsi ketertarikan guru bahan pelajaran metode media pembelajaran fasilitas pendidikan Faktor-faktor yang membuat ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi peminatan adalah faktor guru bahan pelajaran media pembelajaran dan fasilitas penunjang di sekolah. Dengan demikian siswa merasa senang dalam belajar sehingga dapat menambah pengetahuan pada mata pelajaran ekonomi peminatan Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui alasan yang mendukung faktor-faktor yang membuat siswa kelas X MIA-1 dan X MIA-2 tertarik pada mata pelajaran ekonomi peminatan di SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung jika dilihat dari faktor guru faktor bahan pelajaran faktor media pembelajaran dan faktor fasilitas pendidikan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 dan X MIA-2.Dalam penelitian ini data yang diambil dengan menggunakan teknik berupa observasi kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alasanketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi peminatan bila dilihat dari faktor guru tergolong tinggi. Hal ini dikarenakan cara mengajar guru yang santai dan enak dan guru selalu mengaitkan materi yang sedang dijelaskan dengan kehidupan sehari-hari. Ketertarikan siswa juga disebabkan karena guru menggunakan sistem point berupa nilai tambahan nilai bila siswa berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.Persepsi ketertarikan siswa pada bahan pelajaran juga tergolong tinggi. Siswa mengatakan bahwa selama ini materi yang ada dalam mata pelajaran ekonomi peminatan sangat menarik bagi mereka karena isi materinya sangat jelas dan mudah dipahami. Oleh karena itu siswa selalu membawa buku paket dan membacanya. Dari metode pelajaran siswa tertarik jika guru menggunakan metode tanya jawab dan diskusi. Kemudian dari segi media pembelajaran siswa mengatakan bahwa media pembelajaran yang digunakan saat pelajaran berlangsung sangat menarik mereka lebih tertarik jika guru menggunakan media power point dengan video. Dari segi fasilitas pendidikan siswa mengatakan bahwa fasilitas pendidikan yang ada disekoah sangat membuat mereka tertarik karena fasilitas yang tersedia membuat mereka nyaman dalam mengikuti pembelajaran sehingga membuat siswa mudah dalam menangkap isi materi yang disampaikan oleh guru. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti menyarankan supaya cara mengajar guru yang disukai oeh siswa semakin ditingkatkan lagi hal itu bertujuan supaya siswa menjadi semakin tertarik dalam belajar. Grur juga perlu menambah kreatifitas dalam penggunaan metode dan media pembelajarannya. Dalam hal media pembelajaran guru sebaiknya terus mempertahankan penggunaan media supaya siswa semakin tertarik untuk belajar. Keberadaan fasilitas belajar yang ada disekolah juga perlu ditingkatkan lagi sehingga menciptakan rasa nyaman dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang kedepannya bisa menambah rasa tertarik siswa pada mata pelajaran khususnya ekonomi peminatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39665

Actions (login required)

View Item View Item