Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada kompetensi dasar menganalisis peran perilaku kegiatan ekonomi untuk kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang / Mohammad Romi Ahfad

Ahfad, Mohammad Romi (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada kompetensi dasar menganalisis peran perilaku kegiatan ekonomi untuk kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang / Mohammad Romi Ahfad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Romi, Mohammad Ahfad. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi Untuk Kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, JurusanEkonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si, (II) RoÔÇÖufah Inayati, S.Pd, M.Pd Kata kunci:media pembelajaran, pembelajaran interaktif,peran pelaku kegiatan ekonomi, iSpring Suite 8. Peran pelaku kegiatan Ekonomi merupakan salah satu kompetensi pada matapelajaranEkonomi SMA. Luasnya cakupan materi membutuhkan sumber belajar yang komprehensif yang mampu menggambarkan keadaan yang ada di masyarakat.Selain itu pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan di lapangan membuat proses pembelajaran kurang maksimal dan media yang digunakan sangat terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan meida pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada kompetensi dasar menganalisis peran pelaku kegiatan Ekonomi, yang diharapkan dapat mempermudahsiswa dalam memahami konsep tentang peran pelaku kegiatan Ekonomi. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain; (1)Penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting).(2) pengembangan draf produk (develop preliminary form of product), pengembangan bahan pembelajaran, proses pembelajaran dan instrumen evaluasi. (3) Ujicoba ahli media dan ahli materi. (4) Merevisi hasil uji coba (main product revition), memperbaiki atau menyempurnakan hasil uji coba. (5) Uji coba lapangan(6) Merevisi hasil dari uji coba yang dilakukan ke subjek coba. (7) Penyempurnaan produk akhir (final product revisien), penyempurnaan didasarkan masukan dari uji pelaksanaan lapangan. Pengembangan ini dilakukan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu satu ahli media pembelajaran, dan dua ahli materi. Berdasarkan analisis data hasil uji coba lapangan diperoleh presentase sebesar 82,13% dengan kategori baikdan ditetapkan sebagai produk akhir. Produk akhir dalam pengembangan ini dapat dijadikan media alternatif yang layak digunakan dan memberi kemudahan bagi siswa dalam memahamikonsep tentang peran pelaku kegiatan Ekonomipada matapelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39661

Actions (login required)

View Item View Item