Pengaruh hidup, iklan dan melek ekonomi (economic literacy) terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang / Fauzul Indah Lestari

Aditama, Fauzul Indah (2016) Pengaruh hidup, iklan dan melek ekonomi (economic literacy) terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang / Fauzul Indah Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aditama, Fauzul Indah. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Iklan dan Melek Ekonomi (Economic Literacy) Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang . Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si (II) RoÔÇÖufah Inayati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Gaya Hidup, Iklan, Melek Ekonomi (Economic Literacy) dan Perilaku Konsumsi. Adanya perkembangan zaman ke arah modernisasi atau globalisasi diikuti dengan berbagai dampak yang ditimbulkannya. Perkembangan ini juga turut mempengaruhi berabagai aspek kehidupan seperti gaya hidup masyarakat khususnya dalam hal konsumsi. Konsumsi ini juga dipengaruhi oleh adanya iklan yang semakin menarik minat untuk membeli barang yang ditawarkan khususnya pada kalangan remaja. Remaja merupakan salah satu kelompok yang menjadi sasaran dikarenakan tahap perkembangannya yang masih berada pada tahap transisi, sehingga diperlukan pengetahuan pada remaja agar dapat memperioritaskan kebutuhan dalam perilaku konsumsi. Dengan demikian, penelitian mengenai pengaruh gaya hidup, iklan, dan melek ekonomi terhadap perilaku konsumsi perlu untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumsi siswa, (2) pengaruh iklan terhadap perilaku konsumsi siswa, (3) pengaruh melek ekonomi (economic literacy) terhadap perilaku konsumsi siswa, (4) pengaruh gaya hidup, iklan dan melek ekonomi (economic literacy) terhadap perilaku konsumsi siswa SMA Negeri 7 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan studi populasi dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi. (2) Iklan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi. (3) Melek ekonomi (economic literacy) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi. (4) Gaya hidup, iklan, dan melek ekonomi (economic literacy) secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumsi. Saran yang diajukan adalah: (1) Sekolah perlu mensosialisasikan kepada orang tua siswa tentang peran pendidikan orang tua, agar siswa bergaya hidup tidak berlebihan sesuai kebutuhan dan mengoptimalkan pembelajaran ekonomi dengan menanamkan sikap agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam melakukan kegiatan berkonsumsi yang rasional. (2) Guru menyampaikan ilmu ekonomi tidak hanya teori saja, melainkan juga memberikan pemahaman ekonomi yang kuat kepada siswa untuk melakukan tindakan berkonsumsi secara rasional.(3) Penelitian ini dapat dijadikan masukan maupun menambah bahan kajian untuk penelitian selanjutnya khususnya yang berkaitan dengan gaya hidup, iklan dan melek ekonomi terhadap perilaku konsumsi dan dapat memperluas variabel yang telah digunakan dalam penelitian ini, karena masih banyak faktor keputusan pembelian, kepribadian, konsep diri, teman sebaya dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39658

Actions (login required)

View Item View Item