Pengaruh pemanfaatan media teknologi google, pemberian tugas, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Malang 1 / Miftachul Adlim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media teknologi google, pemberian tugas, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Malang 1 / Miftachul Adlim

Adlim, Miftachul (2016) Pengaruh pemanfaatan media teknologi google, pemberian tugas, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Malang 1 / Miftachul Adlim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adlim Miftachul. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Media Teknologi Google Pemberian Tugas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS MAN Malang 1. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si (II) Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci media teknologi Google pemberian tugas motivasi hasil belajar Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di MAN Malang 1 masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru terutama dalam mata pelajaran ekonomi. Mayoritas siswa kelas XI IIS dalam mengerjakan tugas masih banyak yang mencontek tugas dari siswa lain. Bahkan ketika guru memberikan tugas penalaran (berpikir) atau studi kasus banyak siswa tidak mengerjakan dengan kemampuan berpikirnya sendiri. Maka dari itu diperlukan juga suatu efektivitas dalam pemberian tugas sehingga meminimalisir siswa untuk melakukan penyimpangan dalam proses pembelajaran. Pemberian tugas yang menarik dan efisien juga secara otomatis akan membuat mood siswa dalam mengerjakan tugas tinggi sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media teknologi Google pemberian tugas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Malang 1. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi karena bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh variabel-variabel yang diteliti. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS MAN Malang 1 yang beralamatkan di Jalan Baiduri Bulan no. 40 Lowokwaru Kota Malang. Adapun kelas XI IIS di MAN Malang 1 terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IIS 1 yang berjumlah 25 siswa dan kelas XI IIS 2 yang berjumlah 27 siswa. Peneliti mengambil sampel dari jumlah siswa sehingga ditemukan sampel sejumlah 46 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket. Teknis penggunaan metode ini adalah dengan cara menyajikan langsung daftar pertanyaan yang berkaitan dengan variabel media teknologi google tugas belajar dan motivasi belajar. Sedangkan data prestasi belajar di ambil dari nilai Ulangan harian semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang diambil dari nilai kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2 di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel pemanfaatan media teknologi Google terhadap hasil belajar siswa sebesar 21 3%. Besarnya pengaruh variabel pemberian tugas terhadap variabel hasil belajar siswa diketahui sebesar 27 94%. Sedangkan besarnya variabel motivasi belajar terhadap variabel hasil belajar siswa diketahui sebesar 24 16%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh pemanfaatan media teknologi Google pemberian tugas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Malang 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39652

Actions (login required)

View Item View Item