Implementasi perpaduan Think Pair Share (TPS) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan belajar ekonomi kelas X SMA Trimurti 01 Pakisaji / Sri Bawon Suci Heriniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi perpaduan Think Pair Share (TPS) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan belajar ekonomi kelas X SMA Trimurti 01 Pakisaji / Sri Bawon Suci Heriniawati

Sri, Bawon Suci Heriniawati (2016) Implementasi perpaduan Think Pair Share (TPS) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan belajar ekonomi kelas X SMA Trimurti 01 Pakisaji / Sri Bawon Suci Heriniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bawon Suci Heriniawati Sri. 2016. Implementasi Perpaduan Think Pair Share dengan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Ketuntasan Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA TRIMURTI 01 Pakisaji. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H Achmad Ali Wafa S.Pd M Pd (II) Ir. Yohannes Hadi Soesilo Kata Kunci Perpaduan Think Pair Share dengan Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Ketuntasan Belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di SMA TRIMURTI 01 Pakisaji diketahui bahwa metode pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Metode pembelajaran tersebut membuat siswa kurang dapat meningkatkan potensi dalam berpikir kritis. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya dengan memadukan think pair share dengan problem based learning. Perpaduan think pair share dengan problem based learning memungkinkan siswa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan suatu persoalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi perpaduan think pair share dengan problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas X SMA TRIMURTI 01 Pakisaji. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA TRIMURTI 01 Pakisaji yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan pada pokok bahasan uang dan bank. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi lembar catatan lapangan soal tes angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan persentase peningkatan skor tiap siklus. Persentase nilai rata-rata ketepatan guru menerapkan pembelajaran meningkat dari 75% menjadi 86 89%. Persentase nilai rata-rata untuk kemampuan berpikir kritis meningkat sebesar 29 2% dari 52 14% menjadi 81 34% sedangkan Ketuntasan belajar ekonomi siswa juga mengalami peningkatan dimana siklus pertama rata-rata sebesar 65% dan pada siklus kedua menjadi sebesar 90% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perpaduan think pair share dengan problem based learning yaitu (1). Dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas X SMA TRIMURTI 01 Pakisaji. (2) Kemampuan berpikir krits siswa kelas X SMA TRIMURTI 01 Pakisaji setelah adanya perpaduan think pair share dengan problem based learning meningkat. (3) kelas X SMA TRIMURTI 01 Pakisaji setelah adanya perpaduan think pair share dengan problem based learning meningkat. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan adalah Guru SMA TRIMURTI 01 Pakisaji disarankan untuk mencoba untuk memadukan think pair share dengan problem based learning karena mendapat respon positif dari siswa Bagi sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki penerapan strategi pembelajaran di SMA TRIMURTI 01 Pakisaji. Bagi peneliti selanjutnya yang hendak meneliti perpaduan think pair share dengan problem based learning sebaiknya disesuaikan dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39646

Actions (login required)

View Item View Item