Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SPM Laboratorium Universitas Negeri Malang / Naranobel Putra Bijaksana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SPM Laboratorium Universitas Negeri Malang / Naranobel Putra Bijaksana

Bijaksana, Naranobel Putra (2016) Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SPM Laboratorium Universitas Negeri Malang / Naranobel Putra Bijaksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Naranobel Putra Bijaksana. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UM Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E M.Pd (II) Drs. Sapir S.sos. M.Si. Kata Kunci . Fasilitas Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Kegiatan belajar merupakan persoalan utama didalam pendidikan. Kegiatan belajar tidak terlepas dari mata pelajaran yang dipelajari. Siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar tentunya dipengaruhi lebih dari satu faktor. Bisa berupa faktor dari dalam diri siswa itu sendiri maupun faktor dari luar siswa. faktor eksternal bisa berupa fasilitas belajar yang disediakan oleh sekolah dan intensitas pemanfaatannya. Faktor internal sendiri bisa berupa motivasi belajar siswa yang tumbuh didalam diri siswa tersebut karena adanya dorongan yang disebabkan suatu kebutuhan. Faktor-faktor tersebut amat menentukan prestasi belajar siswa yang akan dicapai. Kegiatan belajar tidak terlepas dari mata pelajaran yang dipelajari IPS Terpadu merupakan mata pelajaran yang kompleks karena mencangkup beberapa disiplin ilmu sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM Malang menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantintatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM Malang dengan sampel sebanyak 153 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan kuisioner. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan fasilitas belajar siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM Malang masuk kategori baik. (2) Motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM Malang masuk kategori baik. (3) Terdapat pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. (4) Terdapat pengaruh pemanfaatan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM Malang. Berdasarkan hasil temuan dapat disarankan agar pihak Pihak SMP Laboratorium UM Malang mendorong siswa untuk memanfaatkan fasilitas belajar yang sudah disediakan. karena hal tersebut dapat mempermudah siswa untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar. Selain itu juga kepala sekolah dihimbau untuk lebih menanamkan motivasi siswa dalam belajar sehingga siswa terpacu untuk berkompetisi secara sehat serta mampu menjadi pribadi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39640

Actions (login required)

View Item View Item