Pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan minat belajar rekonomi siswa kelas X di SMA Bahrul Maghfiroh Malang / Ahmad Tajuddin Zahro'u - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan minat belajar rekonomi siswa kelas X di SMA Bahrul Maghfiroh Malang / Ahmad Tajuddin Zahro'u

Zahro'u, Ahmad Tajuddin (2016) Pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan minat belajar rekonomi siswa kelas X di SMA Bahrul Maghfiroh Malang / Ahmad Tajuddin Zahro'u. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahro u Ahmad Tajuddin. 2016. Pengembangan Media PembelajaranEkonomiBerbasisVideoscribeUntukMeningkatkanMinatBelajarSiswaKelas X di SMA BahrulMaghfiroh Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M.si (II) Drs. Mardono M.si. Kata Kunci media pembelajaran sparkolvideoscribe minat belajar Media pembelajaran merupakan komponen yang sangat vital dalam proses pembelajarankarena merupakan alat dan cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan informasi di dalam kelas.Saatinibanyakinovasidalamduniapendidikansalahsatunyayaitumenggunakansparkolvideoscribe.Sparkolvideoscribeadalah software yang digunakandalammembuatdesainanimasiberlatarputihsepertipapantulis.Berdasarkanhasilobservasidanwawancara di SMA BahrulMaghfirohditemukanbahwaminatbelajarsiswapadamatapelajaranekonomimasihrelatifrendah.Hal iniditunjukkansiswadalammengikutikegiatanpembelajaranmatapelajaranekonomimasihrendahkarena media pembelajaran yang kurangmenarik. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkan media pembelajaranekonomiberbasissparkolvideoscribepadababmendeskripsikankonsepdanpengelolaankoperasidanmengetahuitingkatminatbelajarsiswakelas X IPS SMA BahrulMaghfirohsebelumdansesudahmenggunakan media pembelajaranberbasissparkolvideoscribetentangkonsepdanpengelolaankoperasi. Penelitianinimenggunakaninstrumenberupawawancara angket danangketujicobalapangan.Teknikanalisis data yang digunakanberupadata verbal berupacatatan komentar kritik dan saran ahlimateridan media dianalisismenggunakanteknikanalisis data kualitatif.Data numerikdianalisismenggunakanteknikanalisis data statistikdeskriptif. Media pembelajaranekonomi berbasis Sparkol VideoScribe ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan diujicobakan pada siswa. Berdasarkananalisis data diperolehhasil (1) hasil validasi ahli media dinyatakan valid (86 %). (2) hasil ahli media dinyatakansangat valid(92%). (3)hasilujicobapadasiswadinyatakanmengalamipeningkatanminatbelajarsetelahujicobaproduksparkolvideoscribesebesar 9.42. Saran yang diberikan (1) bagi siswa dalam menggunakan media ekonomiberbasisSparkolVideoSribe sebaiknya membaca dan mempelajari dengan baik petunjuk operasional sebelum menggunakan media ini. (2) bagi guru dalam menggunakan media ekonomiberbasisSparkolVideoSribepada pembahasan konsepkoperasidanpengelolaannya media ini layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang membantu guru dalam proses pembelajaran sekaligus meningkatkan minat belajar siswa. (3)bagi SMA BahrulMaghfirohdapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai alternatif media yang digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran agar dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memberikan variasi untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39637

Actions (login required)

View Item View Item