Pengaruh disiplin belajar dan kondisi sosial ekonomi oreang tua siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMAN 2 Batu / Yunia Mega Silvia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh disiplin belajar dan kondisi sosial ekonomi oreang tua siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMAN 2 Batu / Yunia Mega Silvia

Silvia, Yunia Mega (2016) Pengaruh disiplin belajar dan kondisi sosial ekonomi oreang tua siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMAN 2 Batu / Yunia Mega Silvia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Silvia Yunia Mega. 2016. Pengaruh Disiplin Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa Terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS di SMAN 2 BATU. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Prih Hardinto M.Si (II) Drs. Mardono M.Si. Kata Kunci Kondisi Sosial Ekonomi Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat hasil belajar yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan siswa dalam menyerap pelajaran yang disampaikan oleh guru. Disiplin belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa merupakan faktor-faktor pendukung hasil belajar. Disiplin belajar yang baik dan kondisi sosial ekonomi orang tua yang tinggi diperlukan untuk menunjang hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh antara disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMAN 2 BATU (2) pengaruh antara kondisi sosial ekonomi orang tua siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMAN 2 BATU (3) pengaruh antara disiplin belajar siswa dan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMAN 2 BATU. Rancangan penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS di SMAN 2 BATU yang berjumlah 100. Sampel diambil sebanyak 80 siswa sesuai dengan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan Teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan SPSS 20 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) disiplin belajar siswa (X1) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi t sebesar (0 000) lebih kecil dari signifikansi alpha (0 05) berati disiplin belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar. (2) kondisi sosial ekonomi orang tua siswa (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi t sebesar (0 000) lebih kecil dari alpha (0 05) berati kondisi sosial ekonomi orang tua siswa berpengaruh terhadap hasil belajar. (3) disiplin belajar (X1) dan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh signifikansi F pada uji simultan (anova) sebesar (0 000) lebih kecil dari signifikansi alpha (0 05) berati disiplin belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. Saran yang diajukan adalah (1) guru memberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang kurang disiplin dalam belajar. (2) pihak sekolah lebih memperhatikan siswa dengan memberikan beasiswa bagi siswa dari kondisi sosial ekonomi orang tua yang tidak mampu. (3) peneliti lain hendaknya meneliti variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar di luar variabel disiplin belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39635

Actions (login required)

View Item View Item