Wahyuni, Fitri (2016) Pengaruh konformitas teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua dan hasil belajar siswa terhadap minat melanjutkan pen / Fitri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuni Fitri. 2016. Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan hasil belajar Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI IIS MAN Rejotangan Tulungagung. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir.Yohanes Hadi S. S.Th. M.Th. M.Div. M.E. (II) Drs.Mardono M.Si. Kata Kunci Konformitas Teman Sebaya Status Sosial Ekonomi Orang Tua Hasil Belajar dan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan digunakan sebagai penunjang karir dalam persaingan kerja.Pada era globalisasi individu dituntut untuk bersaing dengan ketrampilan yang dimiliki. Persaingan antar individu harus di bekali dengan pendidikan yang dapat menunjang kualitas individu. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan individu harus dapat mengembangkan pemahaman dan ketrampilannya terhadap bidang study tertentu. Upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan individu dapat dilakukan dengan memperdalam pengetahuan setinggi mungkin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi penelitian siswa kelas XI IIS MAN Rejotangan Tulungagung dengan populasi berjumlah 46 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk menguji kelayakan instrumen maka peneliti melakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) konformitas teman sebaya berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XI IIS MAN Rejotangan Tulungagung dengan nilai signifikansi 0.001 (2) status social ekonomi orang tua berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XI IIS MAN Rejotangan Tulungagung dengan nilai signifikansi 0.015 (3) hasil belajar berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XI IIS MAN Rejotangan Tulungagung dengan nilai signifikansi 0 039 (4) teman sebaya status social ekonomi orang tua dan hasil belajar berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XI IIS MAN Rejotangan Tulungagung berpengaruh secara simultan dengan nilai signifikansi 0 000. Saran ditujukan kepada (1) untuk guru terkait teman variabel yang di teliti diharapkan guru lebih optimal dalam memotivasi siswa agar siswa termotivasi dan berminat dalam melanjutkan pendidikan selain itu guru juga memberikan pengarahan pada siswa untuk bisa terus melanjutkan pendidikan. (2) peneliti lain diharapkan Penelitian selanjutnya dapat lebih luas melihat faktor-faktor lain diluar penelitian ini yang mungkin lebih berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Misalnya motivasi fasilitas dari orang tua atau prestasi siswa dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39633 |
Actions (login required)
View Item |