Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IS-4 Semester 2 di SMA Negeri 1 Bululawang Malang / Angga Mahanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IS-4 Semester 2 di SMA Negeri 1 Bululawang Malang / Angga Mahanani

Mahanani, Angga (2016) Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IS-4 Semester 2 di SMA Negeri 1 Bululawang Malang / Angga Mahanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahanani Angga. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IS-4 Semester 2 Di SMA Negeri 1 Bululawang Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imam Mukhlis S.E. M.Si (2) Drs. H. Sapir S. Sos. M.Si Kata Kunci Group Investigation (GI) Aktivitas Belajar Hasil Belajar Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan hasil observasi dilapangan bahwa penerapan metode pembelajaran yang paling sering dipergunakan dalam pembelajaran ekonomi adalah ceramah dan diskusi sehingga masih nampak guru sebagai centered learning dan mendominasi dalam pembelajaran sehingga tidak dapat menstimulasi siswa untuk aktif mengajukan pertanyaan yang berkualitas dan menjawab pertanyaan secara kritis sekaligus mampu menganalis permasalahan. Berdasarkan permasalahan di atas pemilihan metode Group Investigationini berkaitan keinginan penulis untuk memaksimalkan kemampuan siswa dalam pembelajaran dan diharapkan siswa meningkatkan aktivitas berfikir kritis namun juga harus objektif terhadap permasalahan yang terjadi. Hingga mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah menyeluruh secara tidak langsung dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation serta untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IS 4 di SMAN 1 Bululawang Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Dilaksanakan pada Bulan Februari dan Maret 2016 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigationpada Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IS 4 di SMAN 1 Bululawang. Dari analisis data diketahui bahwa pada Siklus 1 skor presentase keberhasilan Aktivitas Belajar siswa mencapai 71 87% termasuk dalam kategori Baik. Sedangkan pada Siklus 2 skor presentase keberhasilan Aktivitas Belajar Siswa mencapai 81 25% yang temasuk dalam kategori Sangat Baik. Ketuntasan rata-rata Hasil Belajar Siswa sebesar 78 8 dengan presentase klasikal mencapai 83 3%. Untuk hasil belajar siklus 1 dan siklus 2 mengalamai peningkatan dalam standar KKM. Rata-rata Respon Siswa juga merasa senang dan suka diterapkannya model pembelajaran Group Investigation. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi guru ekonomi agar menerapkan model pembelajaran Group Investigation sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkanaktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi penulis selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Group Investigationnamun dengan subjek penelitian yang berbeda guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39626

Actions (login required)

View Item View Item