Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar di MAN Wlingi Blitar kelas XII IPS pada mata pelajaran ekonomi tahun 2015/2016 / Irfan Wahzudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar di MAN Wlingi Blitar kelas XII IPS pada mata pelajaran ekonomi tahun 2015/2016 / Irfan Wahzudi

Wahzudi, Irfan (2016) Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar di MAN Wlingi Blitar kelas XII IPS pada mata pelajaran ekonomi tahun 2015/2016 / Irfan Wahzudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahzudi Irfan 2016. Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Siswa Kelas XII di MAN Wlingi Blitar pada Tahun Ajaran 2015/20/2016. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si. Kata kunci motivasi belajar fasilitas belajar di sekolah hasil belajar Keberhasilan dari proses belajar siswa dapat dilihat dari beberapa macam factor factor yaitu factor internal dan factor eksternal. Salah satu factor internalnya yaitu motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar. motivasi belajar adalah factor internal yang membantu siswa untuk meningkatkan tujuan dalam belajar di sekolah khususnya hasil belajar. fasilitas belajar adalah faktor internal yang menjadi sarana bagi siswa untuk membuat mereka menjadi lebih mudah dalam belajar pada mata pelajaran ekonomi. Fasilitas belajar di sekolah akan membantu dalam menentukan keberhasilan siswa. Jadi bisa dikatakan bahwa keberhasilan siswa dalam belajar tidak hanya ditentukan oleh baik buruknya fasilitas yang ada namun juga dipengaruhi oleh motivasi yang tinggi untuk belajar dari diri siswa itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN untuk siswa kelas Dua belas IPS tahun pelajaran 2015/2016 dengan total populasi 173 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah rumus slovin dan pada penelitian ini ditentukan bahwa 121 siswa dijadikan sampel. Pada penelitian ini siswa kelas XII telah ditentukan sebagai responden. Kuisioner dan dokumentasi telah ditentukan sebagai instrument. Sementara itu dalam penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di man wlingi blitar semester pertama tahun ajaran 2015/2016 dan besarnya pengaruhnya adalah 44.6%. yang kedua fasilitas belajar di sekolah memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas dua belas sebesar 11.2%. ketiga pengaruh motivasi dan fasilitas belajar pada mata pelajaran ekonomi secara simultan memiliki pengaruh 55.8 %. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar jika motivasi belajarnya tinggi. (2) fasilitas belajar di sekolah memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi jika fasilitasnya bagus dalam berbagai aspek. (3)motivasi belajar dan fasilitas belajar di sekolah memiliki pengaruh bagi siswa untuk meraih hasil belajar pelajaran ekonomi secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39625

Actions (login required)

View Item View Item