Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Wajak kabupaten Malang) / Nurul Laily Syarifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Wajak kabupaten Malang) / Nurul Laily Syarifah

Syarifah, Nurul Laily (2016) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Wajak kabupaten Malang) / Nurul Laily Syarifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syarifah Nurul L. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divison (STAD) dan Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P . Ak (II) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran STAD Talking Stick Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan-perubahan yang ada dalam diri manusia dikarenakan proses belajar. Pada saat orang belajar maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya bila ia tidak belajar maka responnya menurun. Pada kenyataannya didalam kelas sebagian besar siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas siswa cenderung kurang memahami yang disampaikan oleh guru karena dalam penyampaiannya pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Hal inilah yang menjadikan nilai ketuntasan hasil belajar siswa secara umum masih kurang dari rata-rata yakni 75 dikarenakan banyak nilai siswa seperti Ulangan Harian masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII H SMP Negeri 1 Wajak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 wajak yang beralamatkan di Jalan Raya Sukoanyar 504 Wajak kabupaten Malang dengan jumlah siswa 31 yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda lembar observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Talking Stick terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Wajak. Hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil belajar siswa siklus I sebesar 68.75% dan pada siklus II sebesar 89.06 %. Peningkatan hasil belajar siswa model pembelajaran STAD dan Talking Stick dapat terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif dengan nilai rata-rata post test siswa yang meningkat dari siklus I sebesar 63.22% pada siklus II dan 81.29% siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang. Saran untuk guru mata pelajaran IPS bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39623

Actions (login required)

View Item View Item