Dari, Dian Wulan (2016) Penerapan metode pembelajaran global (ganze method) dan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan semester genap tahun pelajaran 2015/2016 / Dian Wu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulan Dari Dian. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Global (Ganze Method) dan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwosari. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sapir S.Sos. M.Si. (2) Drs. Mardono M.Si. Kata Kunci metode pembelajaran global model pembelajaran kooperatif berbasis masalah hasil belajar Penerapan model pembelajaran disertai dengan metode pembelajaran yang tepat sangat penting bagi hasil belajar siswa. Kondisi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Purwosari cukup tertib dan aktif di kelas namun tidak diikuti dengan hasil belajar tuntas memenuhi KKM. Pada tahap observasi menunjukkan bahwa persentase siswa yang tuntas sesuai KKM dilihat melalui nilai UTS semester gasal tahap pertama sebesar 21 6%. Melalui metode pembelajaran global (Ganze method) dan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah pada mata pelajaran ekonomi Bab Kebijakan moneter dan kebijakan fiskal diupayakan dapat diloaksanakan dengan optimal agar mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1. Penelitian menggabungkan dua langkah-langkah pembelajaran dari metode global (Ganze method) dan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah menjadi serangkaian sintaks yang dilaksanakan di kelas. Langkah-langkah tersebut yaitu (1) Awal (2) Orientasi terhadap masalah (3) orientasi terhadap metode global (4) mengorganisasikan siswa untuk belajar (5) membimbing penyelidikan individual dan kelompok dalam pembelajaran berbasis masalah (6) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (7) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dan (8) akhir. Uji validitas soal tes kognitif dengan jumlah 20 soal diujikan pada 30 siswa di kelas bukan objek penelitian (XI IPS 2 SMA Negeri 1 Purwosari). Soal mencapai tingkat kevalidan 100%. Hasil perhitungan tingkat kesukaran soal siklus I diperoleh 12 butir soal sedang dan 8 butir soal mudah. Hasil perhitungan tingkat kesukaran soal siklus II diperoleh 12 butir soal sedang 7 butir soal mudah dan 1 butir soal sukar. Hasil uji beda soal siklus I diperoleh 16 butir soal cukup dan 4 butir soal baik. Sedangkian pada hasil uji soal pada siklus II diperoleh 1 butir soal jelek 4 butir soal baik. Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus dengan masing-masing siklus dua pertemuan. Kesimpulan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode global (Ganze method) dan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terdapat peningkatan sebesar 13% yaitu pada siklus I persentase rata-rata pelaksanaan pemebelajaran adalah 83 4% dan pada siklus II meningkat menjadi 96 4%. Pada siklus I hasil tes kognitif untuk rata-rata nilai tes meningkat dari pretest siklus I sebesar 63 2 menjadi 75 8 pada posttest siklus I serta untuk persentase jumlah siswa yang tuntas memenuhi KKM mengalami peningkatan dari pretest siklus I sebesar 21 6% menjadi 62 2% pada posttest siklus I. Peningkatan hasil belajar pada siklus I untuk rata-rata nilai sebesar 12 6 dan untuk jumlah siswa yang tuntas memenuhi KKM sebesar 40 6%. Pada siklus II hasil tes kognitif untuk rata-rata nilai tes meningkat dari siklus I sebesar 75 8 menjadi 78 1 pada siklus II serta untuk persentase jumlah siswa yang tuntas memenuhi KKM mengalami peningkatan dari siklus I 62 2% menjadi 81 1% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II untuk rata-rata sebesar 2 2 dan untuk persentase hasil belajar siswa yang tuntas memenuhi KKM sebesar 18 9%. Saran penggunaan metode pembelajaran global (Ganze method) dan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah untuk mata pelajaran ekonomi khususnya pada permasalahan yang sama disarankann untuk mengukur pelaksanaan pembelajaran tidak hanya guru sebagai sumber data tetapi juga siswa yang memiliki peran penting dalam pembelajaran. Sebelum melaksanakan penelitian sebaiknya mempelajari metode pembelajaran global (Ganze method) dan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah dengan baik serta merancang pengelolaan waktu pada setiap fase pembelajaran dengan optimal agar pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan pembelajaran lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39620 |
Actions (login required)
View Item |