Implemerntasi pembelajaran lintas minat mata pelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X MIA MAN Kota Batu tahun ajaran 2015/2016 / Kholidya Khulafaur Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implemerntasi pembelajaran lintas minat mata pelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X MIA MAN Kota Batu tahun ajaran 2015/2016 / Kholidya Khulafaur Rosidah

Rosidah, Kholidya Khulafaur (2016) Implemerntasi pembelajaran lintas minat mata pelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X MIA MAN Kota Batu tahun ajaran 2015/2016 / Kholidya Khulafaur Rosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosidah Kholidya Khulafaur. 2016. Implementasi Pembelajaran Lintas Minat Mata Pelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas X MIA MAN Kota Batu Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (II) Drs. H. Achmad. Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci Implementasi Pembelajaran Lintas Minat Ekonomi Kurikulum 2013 Proses pendidikan dapat diperoleh dimana saja khususnya di lingkungan sekolah dimana potensi dalam diri peserta didik harus digali. Penggunaan kurikulum 2013 membantu memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan kemampuan bakat dan minat secara lebih luas dan terbuka. Khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) kurikulum 2013 memberikan program kelas lintas minat yang dapat mewadahi peserta didik mengembangkan minatnya dan menambah pengetahuan peserta didik diluar matapelajaran peminatan yang sudah diambil. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup perencanaan pembelajaran lintas minat ekonomi pelaksanaan pembelajaran lintas minat ekonomi dan evaluasi pembelajaranlintas minat ekonomiserta permasalahan dan alternatif pemecahannya dalam pembelajaran lintas minat ekonomi di kelas X MIA MAN Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan keabsahan di dapat melalui wawancara dan observasi lapangan ketika pembelajaran berlangsung. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data display data dan terakhir dilakukan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Perencanaan pembelajaran dikelas lintas minat dibagi menjadi dua macam yaitu perencanaanawal dalam pengelompokan kelas lintas minat secara umum dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran di kelas lintas minat. (2) Untuk pelaksanaan pembelajaran dikelas lintas minat ekonomi penerapannya masih belum sesuai dengan acuan dari kurikulum 2013 khususnya dalam memakai pendekatan pembelajaranscientific.(3)Untuk evaluasi pembelajaran dikelas lintas minat ekonomi di bagi menjadi dua yaitu evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara umum oleh bagian kurikulum dan evaluasi pembelajaran di kelas oleh guru lintas minat ekonomi. (4)Untuk masalah yang muncul dalam pembelajaran lintas minat ekonomi ada dua yaitu pada jam pelajaran lintas minat ekonomi yang ada di jam terakhir dan kesulitan guru dalam hal penilaian antar peserta didik. Untuk alternatif permasalahan yang pertama berasal dari guru dan untuk alternatif permasalahan yang kedua sementara belum ada.Saran diberikan kepada (1) Kepala Sekolah MAN Kota Batu Penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk pihak sekolah sebagai bahan evaluasi pembelajaran khususnya dalam implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran di kelas lintas minat dan agar pihak sekolah dapat menambah jumlah guru khusus kelas lintas minat dan menambah jumlah ruang kelas lintas minat.(2) Bidang Kurikulum MAN Kota Batu dapat dijadikan masukan untuk bagian kurikulum agar sering mengadakan pelatihan terhadap guru mengenai implementasi kurikulum 2013 dengan baik dan benar. Khususnya pada pelaksanaan pembelajaran di kelas dan penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini juga dapat dijadikan masukan dalam menyiasati penempatan jadwal jam pelajaran pada kelas lintas minat yang membutuhkan waktu 3 jam pelajaran. (3) Guru Lintas Minat Ekonomi MAN Kota Batu dapat dijadikan acuan untuk bahan perbaikan dalam pembelajaran di kelas lintas minat ekonomi. Karena sekolah memakai kurikulum 2013 maka sebagai pengajar harus benar-benar memahami bagaimana penerapan pembelajaran yang baik dan benar berdasarkan kurikulum 2013 terutama pada pelaksanaan dan penilaian pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39618

Actions (login required)

View Item View Item