Penerapan pembelajaran dengan model mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Modern Al-Rifa;ie Gondanglegi Kabupaten Malang / Sidi Nuhammad Muadz-dzin Asis Hawaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan model mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Modern Al-Rifa;ie Gondanglegi Kabupaten Malang / Sidi Nuhammad Muadz-dzin Asis Hawaya

Hawaya, Sidi Nuhammad Muadz-dzin Asis (2016) Penerapan pembelajaran dengan model mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Modern Al-Rifa;ie Gondanglegi Kabupaten Malang / Sidi Nuhammad Muadz-dzin Asis Hawaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hawaya Sidi M.M.A. 2016. Penerapan Pembelajaran dengan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Modern Al-Rifa ie Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si (II) Dr. H. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata Kunci Mind Mapping Kreativitas Hasil Belajar Untuk menciptakan hasil pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tujuan maka diperlukan upaya seorang guru dengan cara memperhatikan pola belajar siswa menguasai materi pelajaran memilih suatu model pembelajaran yang tepat dan tidak membosankan atau monoton serta melakukan proses pembelajaran yang efektif. Guru harus teliti dalam penerapan pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan pembelajaran di SMA Modern Al-Rifa ie Gondanglegi khususnya di kelas X menunjukkan bahwa pembelajaran masih bersifat konvensional dan kurang efektif sehingga menimbulkan kondisi yang kurang kondusif yang mengakibatkan siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran dan juga sulit untuk memahami materi pelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Modern Al-Rifa ie Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga kehadiran dan peran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi kreativitas siswa dokumentasi catatan lapangan soal tes yang berupa pretes dan postes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas X SMA Modern Al-Rifa ie Gondanglegi dapat diketahui bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat berjalan dengan baik. (2) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping mampu meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran ekonomi. (3) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru hendaknya dalam menerapkan model Mind Mapping perlu mempertimbangkan pokok bahasan yang tepat agar pembelajaran dapat terlaksana. (2) Bagi sekolah hendaknya menghimbau setiap guru untuk menerapkan model pembelajaran inovatif dan menarik. (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran lain dengan mengganti atau menambah variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39617

Actions (login required)

View Item View Item