Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X lintas minat dalam mata pelajaran ekonomi SMA Brawijaya Smart School Malang / Annisa Lestari N.H. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X lintas minat dalam mata pelajaran ekonomi SMA Brawijaya Smart School Malang / Annisa Lestari N.H.

Hidayati, Annisa Lestari Nur (2016) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X lintas minat dalam mata pelajaran ekonomi SMA Brawijaya Smart School Malang / Annisa Lestari N.H. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Annisa Lestari Nur. 2016. PenerapanModel PembelajaranJigsawuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelas X LintasMinatdalam Mata PelajaranEkonomi SMA Brawijaya Smart School. Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (II) Ro ufahInayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci model pembelajaranJigsaw hasilbelajar Model PembelajaranJigsawadalahsuatutipepembelajarankooperatif yang terdiridaribeberapaanggotadalamsatukelompok yang bertanggungjawabataspenugasanbagianmateribelajardanmampumengajarkanmateritersebutkepadaanggotalaindalamkelompoknya. Penelitianinidilaksanakan di SMA Brawijaya Smart School denganmenerapakan model pembelajaranJigsaw.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas X LintasMinat.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapenerapan model pembelajaranJigsaw di kelas X LintasMinatdalammatapelajaranEkonomi SMA Brawijaya Smart School danuntukmengetahuibagaimanapenerapan model pembelajaranJigsawmampumeningkatkanhasilbelajarsiswakelas X LintasMinat SMA Brawijaya Smart School. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Jenispenelitian yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilaksanakandalam 2 siklus.Data yang digunakandalampenelitianiniadalah data primer yang diperolehdariaktivitasbelajarsiswa. Teknikpengumpulan data penelitianinimenggunakanteknikwawancara lembarobservasi soaltes dandokumentasi. Hasilpenelitianinimenunjukkanpenerapan model pembelajaranJigsawtelahditerapkandengansangatbaikdanmampumeningkatkanhasilbelajarsiswakelas X LintasMinat yang telahdibuktikandenganpeningkatan rata-rata hasilbelajarkegiatanpost testsiklus I sebesarsebesar 62 14 meningkatpadasiklus II sebesar 85 35 . Kesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapan model pembelajaranJigsawtelahditerapkandengansangatbaik dan model pembelajaranJigsawmampumeningkatkanhasilbelajarsiswakelas X LintasMinat SMA Brawijaya Smart School.Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukan saran yang dapatdiberikanyaitu 1) Diharapkanbagi guru SMA BSSmenerapkan model pembelajaranJigsawinitidakhanyapadamaterisistempembayarandanalatpembayaransaja akantetapiuntukmateri lain yang memilikipermasalahansama. 2) Diharapkanbagipenelitiselanjutnyadapatmengukurhasilbelajarsiswapadaranahafektifdanpsikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39611

Actions (login required)

View Item View Item