Pengaruh modernitas siswa dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMAN 5 Malang / Didin January - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas siswa dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMAN 5 Malang / Didin January

January, Didin (2016) Pengaruh modernitas siswa dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMAN 5 Malang / Didin January. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK January Didin. 2016. Pengaruh Modernitas Siswa dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMAN 5 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Prih Hardinto M.Si (II) Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Modernitas Siswa Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar. Kesuksesan kegiatan belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor intern adalah faktor yang yang ada dalam diri individu yang sedang belajar. Sedangkan faktor ekstern merupakan faktor yang berpengaruh terhadap belajar yang berasal dari luar individu meliputi lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Modernitas siswa sangat dekat dengan penguasaan teknologi canggih dan pengetahuan. Penggunaan teknologi canggih dapat mempermudah peserta didik dalam belajar baik untuk mencari sumber belajar maupun untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Lingkungan belajar yang baik tentu akan mendorong siswa untuk mampu belajar dengan nyaman dan sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh modernitas siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di SMAN 5 Malang (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di SMAN 5 Malang (3) untuk mengetahui pengaruh modernitas siswa dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di SMAN 5 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran jelas mengenai keadaan obyek penelitian. Dilihat dari tujuannya penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh suatu variabel terhadap variabel yang lain. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi yang berjumlah 97. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi (nilai hasil belajar). Teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara modernitas siswa terhadap hasil belajar dengan sumbangan efektif sebesar 18 23%. Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar dengan sumbangan efektif sebesar 60.60%. ada pengaruh yang signifikan antara modernitas siswa dan lingkungan belajar secara simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di SMAN 5 Malang dengan sumbangan efektif sebesar 78.83%. Sedangkan sisanya sebesar 21.17% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang diberikan adalah (1)Kepala SMAN 5 Malang hendaknya menghimbau dan membantu guru agar dapat lebih mendorong siswa untuk menjadi manusia yang modern (2) Guru hendaknya membantu dan mendorong siswa untuk menjadi manusia modern (3) Peneliti selanjutnya hendaknya dalam melakukan penelitian tentang faktor yang mempengaruhi hasil belajar tidak hanya terpacu pada variabel modernitas siswa dan lingkungan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39609

Actions (login required)

View Item View Item