Penerapan model pembelajaran Team Assisted Indivualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek (semester genap / tahun 2015) / Puspa Ayu Retno Wulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Team Assisted Indivualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek (semester genap / tahun 2015) / Puspa Ayu Retno Wulan

Wulan, Puspa Ayu Retno (2016) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Indivualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek (semester genap / tahun 2015) / Puspa Ayu Retno Wulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulan Puspa Ayu Retno. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Drs. Mardono M.Si Kata kunci Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Hasil belajar ekonomi Ekonomi adalah salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan guru pada jenjang SMP dan SMA. Berdasarkan hasil observasi sebagian siswa kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Bendungan banyak yang menganggap pelajaran ekonomi adalah pelajaran yang membosankan karena guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Maka untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa diperlukan sebuah model pembelajaran yang mampu membantu siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Model pembelajaran Team Assisted Individualitazion (TAI) mempunyai tujuan untuk menciptakan dan mendorong siswa supaya siswa lebih aktif selain itu kerja kelompok diharapkan dapat memacu kekompakan siswa untuk dapat membatu anggota dalam memecahkan masalah bersama mengungkapkan ide atau gagasan bersama serta menigkatkan rasa toleransi dan kekompakan antar anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Assisted Individualitazion (TAI). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Bendungan (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 74 81 dan meningkat menjadi 79 62 pada siklus II. (3) Peningkatan tersebut didukung pula dengan temuan penelitian bahwa pada siklus I terdapat 10 anak yang nilainya masih belum tuntas atau

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39607

Actions (login required)

View Item View Item