Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Mu'allimat Kota Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Abd. Holiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Mu'allimat Kota Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Abd. Holiq

Holiq, Abd. (2016) Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Mu'allimat Kota Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Abd. Holiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Holiq Abd. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MA Mu allimat Kota Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir. S.Sos M.Si (II) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd Kata Kunci keaktifan hasil belajar siswa dan pembelajaran berbasis masalah Berdasarkan temuan observasi awal yang dilakukan di MA Mu allimat Kota Malang pada kelas XI IPS diketahui bahwa kondisi kelas cenderung tidak aktif dan kurang bersemangat. Hal ini ditunjukkan dengan pasifnya siswa dalam mengemukakan pendapat selama pembelajaran berlangsung. Hal ini yang menjadi permasalahan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan akan berdampak pada hasil belajar siswa. Maka dari itu diperlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam belajar mereka sehingga mampu meningkatkan keaktifan dan juga hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MA Mu allimat Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Mu allimat Kota Malang yang beralamatkan di Jalan Ade Irma Suryani III/374 Kota Malang dengan jumlah siswa 17 orang yang seluruhnya berjenis kelamin perempuan pada tahun ajaran 2015/2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa dari lembar observasi dan hasil belajar siswa dari aspek kognitif. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda lembar observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS .Hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil keaktifan belajar siswa siklus I sebesar 57% dan pada siklus II meningkat 77%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif dengan nilai rata-rata post test siswa yang meningkat dari siklus I sebesar 78 2% meningkat menjadi 88 07% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS MA Mu allimat Kota Malang. Saran untuk guru mata pelajaran Ekonomi bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39605

Actions (login required)

View Item View Item