Pengaruh hasil belajar ekonomi dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X IPS MAN 3 Malang / Achmad Zainul Rozikin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hasil belajar ekonomi dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X IPS MAN 3 Malang / Achmad Zainul Rozikin

Rozikin, Achmad Zainul (2016) Pengaruh hasil belajar ekonomi dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X IPS MAN 3 Malang / Achmad Zainul Rozikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rozikin Achmad Zainul. 2016. Pengaruh Hasil Belajar Ekonomi dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X IPS MAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakutas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak (II) Dr. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci Hasil belajar Ekonomi hasil belajar Kewirausahaan dan minat berwirausaha Jumlah pengangguran yang terus meningkat merupakan salah satu masalah di Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi tingkat pengangguran adalah dengan memperbanyak wirausaha. Seiring dengan perkembangan zaman saat ini terdapat mata pelajaran ekonomi dan mata pelajaran kewirausahaan yang mengajarkan dan mendidik siswa untuk menjadi wirausaha. Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran ekonomi dan mata pelajaran kewirausahaan diukur dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh hasil belajar Ekonomi terhadap minat berwirausaha siswa (2) pengaruh hasil belajar Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (3) pengaruh hasil belajar Ekonomi dan hasil belajar Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X IPS MAN 3 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan studi populasi dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu sejumlah total siswa/siswi kelas X IPS sebanyak 62 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan SPSS 21 for Windows. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial hasil belajar ekonomi (X1) terhadap minat berwirausaha siswa (Y) ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 000 yang lebih kecil dari signifikansi 0 05. Ada pengaruh yang signifikan secara parsial hasil belajar kewirausahaan (X2) terhadap minat berwirausaha siswa (Y) ditunjukkan nilai signifikansi 0 021 lebih kecil dari signifikansi 0 05. Sedangkan secara simultan ada pengaruh yang signifikan hasil belajar ekonomi dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa ditunjukkan dengan uji F bahwa nilai yang diperoleh signifikansi 0 000 0 05. Jadi hasil belajar ekonomi dan hasil belajar kewirausahaan mempengaruhi minat berwirausaha siswa kelas X IPS MAN 3 Malang. Dari penelitian yang telah dilakukan maka peneliti memberikan saran bagi (1) guru jangan hanya mendidik materi dalam mata pelajaran tersebut tetapi guru juga harus menumbuhkan minat berwirausaha siswa dengan menjelaskan keuntungan menjadi wirausaha. (2) Bagi pihak sekolah sebaiknya selalu mendukung siswa untuk membuat produk baru atau mengasah keahlian maupun kekreatifan siswa untuk menghasilkan uang sendiri. (3) untuk peneliti yang lain jika ingin melakukan penelitian yang sama diharapkan untuk mengembangkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39603

Actions (login required)

View Item View Item