Pengembangan multimedia interaktif dengan metode klasikal untuk pembelajaran ipa materi pokok sifat dan perubahan wujud benda kelas VI di SD My Little Island Malang / Choironi Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif dengan metode klasikal untuk pembelajaran ipa materi pokok sifat dan perubahan wujud benda kelas VI di SD My Little Island Malang / Choironi Firmansyah

Firmansyah, Choironi (2013) Pengembangan multimedia interaktif dengan metode klasikal untuk pembelajaran ipa materi pokok sifat dan perubahan wujud benda kelas VI di SD My Little Island Malang / Choironi Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Penggunaan multimedia berbasis komputer adalah tren baru yang banyak digunakan pada sekolah berstandart nasional. Mata pelajaran IPA adalah salah satu yang paling banyak disajikan menggunakan multimedia interaktif. Karena banyak materi dalam mata pelajaran IPA yang sulit dijelaskan dengan kata-kata baik karena berbahaya proses yang lama dan tidak terlihat oleh mata. Proses penguapan mengembun dan menyublim adalah sebagai contohnya. Tetapi dari banyaknya CD multimedia yang beredar di pasaran belum sepenuhnya sesuai dengan kurikulum yang digunakan SD Nasional Plus My Little Island Malang. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran IPA materi pokok Sifat dan perubahan wujud benda. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif yang dikemas dalam bentuk CD untuk pembelajaran individual. Tetapi dalam pelaksanaannya terpaksa dilakukan secara klasikal dikarenakan ruang komputer sedang dipakai untuk kegiatan lain dan terbatasnya jam pelajaran yang disediakan untuk membahas materi pokok Sifat dan Perubahan Wujud Benda. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan desain pengembangan menggunakan model Sadiman (2011). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut adalah (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) pengembangan materi (4) pengembangan alat evaluasi (5) menyusun sketsa/storyboard (6) produksi (7) tes/ uji coba (8) revisi (9) Produk siap dimanfaatkan. Hasil pengembangan multimedia interaktif ini memenuhi kriteria valid/ layak yakni ahli media 91 25% ahli materi 80% siswa secara perorangan 80 4% dan kelompok siswa yang memenuhi SKM meningkat 40%. Sedangkan untuk hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan multimedia interaktif ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi SKM 60% pada uji coba lapangan. Dengan demikian multimedia interaktif ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran untuk pengembang selanjutnya disarankan agar mempertimbang-kan prosedur pengembangan atau alur kerja media komputer yang dikembangkan agar media yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dengan metode dalam pembelajaran yang direncanakan yaitu benar-benar dimanfaatkan sebagai media pembelajaran individual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item