Analisis penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas VIII (studi kasus di SMP Negeri 1 Papar Kab. Kediri tahun ajaran 2015/2016) / Dewi Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas VIII (studi kasus di SMP Negeri 1 Papar Kab. Kediri tahun ajaran 2015/2016) / Dewi Maharani

Maharani, Dewi (2016) Analisis penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas VIII (studi kasus di SMP Negeri 1 Papar Kab. Kediri tahun ajaran 2015/2016) / Dewi Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani Dewi. 2016. Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) Siswa Kelas VIII (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Papar Kab. Kediri Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E M.P. Ak (II) Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci kesulitan belajar faktor internal faktor eksternal dan upaya guru. Bangsa Indonesia berupaya mempersiapakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan kompeten dengan menyelenggarakan pendidikan. Salah satunya melalui pendidikan formal di sekolah. Pada kenyataannya penyelenggaraan proses belajar tidak selalu lancar. Karena bagi setiap siswa yang belajar pasti menemui hambatan-hambatan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Kesulitan belajar tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor ekternal. Berdasarkan temuan penelitian ini diketahui bahwa faktor internal berpengaruh paling besar yang menyebabkan kesulitan belajar ilmu ekonomi bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Papar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan memaparkan faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Papar (2) untuk mengetahui dan memaparkan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Papar (3) untuk mengetahui dan memaparkan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Papar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder dengan narasumber terdiri dari siswa kelas VIII guru mata pelajaran IPS dan guru BK. Proses pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Papar Kab. Kediri. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal yang meliputi faktor psikologis yaitu ketidaksesuaian bakat siswa dengan ilmu ekonomi kurangnya minat dan rendahnya motivasi siswa kebiasaan belajar yang tidak baik dan tidak teratur serta kurangnya kesiapan siswa dalam belajar. Faktor eksternal meliputi cara penyajian pelajaran oleh guru yang kurang bervariasi bahan pelajaran berupa materi hitungan serta kurva-kurva yang sulit dipahami oleh siswa serta faktor suasana rumah yang kurang kondusif menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar. Upaya guru untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar adalah dengan mengamati gejala-gejala yang muncul kemudian mengadakan pendekatan kepada siswa dan memberikan kesempatan berkonsultasi untuk menemukan solusi yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39599

Actions (login required)

View Item View Item