Pengaruh penggunaan internet dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang / Nanda Nur Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan internet dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang / Nanda Nur Aisyah

Aisyah, Nanda Nur (2016) Pengaruh penggunaan internet dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang / Nanda Nur Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisyah Nanda Nur. 2016. Pengaruh Penggunaan Internet dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono M.Si. (2) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata kunci Penggunaan Internet Cara Belajar Hasil Belajar Siswa Kegiatan pembelajaran memiliki tujuan yang dicapai yaitu memperoleh hasil belajar yang maksimal. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor kematangan atau pertumbuhan kecerdasan cara belajar motivasi dan faktor pribadi. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor keluarga guru dan cara mengajarnya alat atau media yang dipergunakan dalam belajar-mengajar lingkungan dan kesempatan yang tersedia motivasi sosial dan penggunaan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang. (2) pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang. (3) pengaruh penggunaan internet dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif eksplanasi. Data penelitian ini berupa angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan variabel penggunaan internet dan cara belajar beserta dokumentasi dari nilai UAS semester gasal 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah 110 responden yang diperoleh dari kelas X SMK PGRI 2 Malang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian uji t diperoleh nilai signifikansi 0 05 untuk masing-masing variabel yaitu penggunaan internet dan cara belajar. Hasil uji F diperoleh nilai signifikansi 0 05 untuk semua variabel independen. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara penggunaan internet dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siwa kelas X SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini memiliki banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Bagi peneliti yang melakukan penelitian serupa diharapkan untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada penelitian ini dan diharapkan dapat memasukkan variabel yang lain sehingga hasilnya lebih reliabel dan dapat memperkuat teori dan penemuan yang ada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39597

Actions (login required)

View Item View Item