Pengaruh sistem pembelajaran moving class terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang / Achmat Munir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sistem pembelajaran moving class terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang / Achmat Munir

Munir, Achmat (2016) Pengaruh sistem pembelajaran moving class terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang / Achmat Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munir Achmat. 2016. Pengaruh Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Drs. Achmad Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci Sistem Pembelajaran Moving Class Motivasi Belajar Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa SMA Negeri 9 Malang salah satu sekolah negeri di kota malang yang telah menerapkan SKS (Sistem Kredit Semester) sebagai pendukungnya juga telah diterapkannya moving class. Konsep moving class itu sendiri mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 9 Malang peneliti melihat beberapa bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh beberapa siswa diantaranya yaitu sering terjadi keterlambatan siswa tertentu dalam mengikuti pelajaran bahkan ada juga siswa yang meninggalkan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi. Hal itu terjadi ketika proses perpindahan kelas. Untuk itu perlu diadakannya penelitian sebagai upaya untuk mengetahui pengaruh sistem pembelajaran moving class terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskripstif serta menggunakan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini diambil dari keseluruhan subjek yang akan diteliti. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2015/2016 semester genap. Seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat pengelolaan sistem pembelajaran moving class berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang. Motivasi belajar berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang. Sistem pembelajaran moving class berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar siswa yang diperantarai oleh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah untuk melengkapi sarana pembelajaran yang diperlukan dalam proses pembelajaran sesuai dengan yang diperlukan masing-masing mata pelajaran. Sedangkan untuk guru hendaknya mengoptimalkan sarana pembelajaran yang ada. Dan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas sampel dan populasi penelitian selain itu hendaknya menambah variabel penelitian lain yang bersangkutan dengan moving class salah satunya yaitu SKS (Satuan Kredit Semester).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39596

Actions (login required)

View Item View Item