Pengaruh respon iklan, pemahaman ekonomi dan kecerdasan emosional terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IIS di SMA Brawijaya Smart School Malang / Afief Hidayatullah Alfarisi

Alfarisi, Afief Hidayatullah (2016) Pengaruh respon iklan, pemahaman ekonomi dan kecerdasan emosional terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IIS di SMA Brawijaya Smart School Malang / Afief Hidayatullah Alfarisi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfarisi, Afief Hidayatullah. 2016. Pengaruh Respon Iklan, Pemahaman Ekonomi, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IIS SMA Brawijaya Smart School. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si., (II) Drs. Mardono, M.Si Kata Kunci: Respon Iklan, Pemahaman Ekonomi, Kecerdasan Emosional, Dan Perilaku Konsumsi Siswa. Pada era globalisasi ini banyak remaja yang terjebak dalam perilaku konsumsi yang tidak rasional. Maraknya iklan di berbagai media menyebabkan remaja khusunya siswa Sekolah Menengah Atas menjadi melakukan konsumsi tidak sesuai dengan kebutuhanya. Agar siswa dapat melakukan konsumsi yang rasional harus memiliki pengetahuan ekonomi yang tinggi utumanya topik tentang perilaku konsumen. Selain itu, ketika siswa atau remaja melakukan konsumsi dengan emosional juga akan menyebabkan siswa melakukan konsumsi dengan tidak rasional atau tidak sesuai kebutuhanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh respon iklan terhadap perilaku konsumsi siswa, (2) Pengaruh Pemahaman ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa, (3) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku konsumsi siswa, (4) Pengaruh respon iklan, pemahaman ekonomi, dan kecerdasan emosional terhadap perilaku konsumsi siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Brawijaya Smart School yang berjumlah 56. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis dengan program SPSS 21.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara respon iklan terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IIS SMA Brawijaya Smart School, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IIS SMA Brawijaya Smart School, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IIS SMA Brawijaya Smart School, (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara respon iklan, pemahaman ekonomi, dan status sosial ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IIS SMA Brawijaya Smart School. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi guru ekonomi, hendaknya guru mampu mengoptimalkan pembelajaran ekonomi sehingga siswa dapat memiliki pemahaman ekonomi yang tinggi, (2) Bagi siswa, siswa diharapkan mampu mengontrol emosi serta respon iklanya agar mampu melakukan konsumsi secara rasional. Bagi peneliti selanjutnya, apabila hendak melakukan penelitian dengan topik yang sama hendaknya melakukan penelitian dengan mengembangkan ketiga variabel bebas yang telah diteliti serta dapat menemukan variabel lain yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39595

Actions (login required)

View Item View Item