Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Niestina Diantis Tamaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Niestina Diantis Tamaya

Tamaya, Niestina Diantis (2016) Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Niestina Diantis Tamaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tamaya Niestina Diantis. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd (II) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Perhatian Orang Tua Motivasi Belajar Prestasi Belajar Perhatian orang tua adalah kepedulian orang tua siswa terhadap proses belajar anak dimana orang tua memberikan suasana nyaman untuk anak belajar dirumah menyediakan fasilitas belajar untuk menunjang aktivitas belajar memantau aktivitas belajar anak dan berkomunikasi dengan pihak sekolah mengenai aktivitas belajar anak disekolah serta ikut terlibat dalam kegiatan yang diadakan pihak sekolah. Prestasi belajar juga di pengaruhi oleh motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Motivasi belajar adalah semangat untuk belajar yang dilihat dari keinginan untuk berhasil cita-cita dan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Pengaruh antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) Pengaruh antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara sampel jenuh atau sensus dimana semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 88 siswa XI IIS SMA Negeri 9 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif diskriptif eksplanasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil (1) Terdapat pengaruh positif antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh positif antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang bisa diberikan (1) Sebagai wacana bagi pihak sekolah untuk dikomunikasikan dengan orang tua siswa terkait pentingnya perhatian orang tua untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya. (2) Sebaiknya sebagai pendidik guru tidak hanya menjelaskan materi di dalam kelas tetapi juga memberikan motivasi kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai sehingga membuat siswa lebih termotivasi dalam proses pembelajaran dengan begitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (3) Sebaiknya orang tua selalu memberikan perhatian bimbingan serta motivasi kepada siswa untuk meningkatkan semangatnya dalam belajar dan mencapai prestasi yang maksimal.(4) Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat memperluas variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini karena pada dasarnya masih banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39589

Actions (login required)

View Item View Item