Suseno, Iska Ristanti (2016) Pengaruh hasil belajar matakuliah keahlian berkarya dan motivasi belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2012 terhadap kesiapan menjadi guru profesional / Iska Ristanti Suseno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suseno Iska Ristanti. 2016. Pengaruh Hasil Belajar Matakuliah Keahlian Berkarya dan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2012 terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak (II) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd Kata Kunci Hasil belajar Matakuliah Keahlian Berkarya Motivasi Belajar dan Kesiapan menjadi Guru Profesional. Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu Program Studi kependidikan di UM yang mempunyai misi mempersiapkan calon pendidik ekonomi yang berkepribadian nasional profesional dan berwawasan global-bertindak lokal. Di lapangan penulis melihat masih ada mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang belum mencerminkan calon guru profesional misalnya masih ada mahasiswa yang tidak berpakaian rapi atau memakai kaos saat mengikuti perkuliahan. Ada juga mahasiswa yang masih copy paste dalam membuat perangkat pembelajaran. Salah satu upaya untuk membekali mahasiswa agar nantinya menjadi pendidik yang profesional diberikan Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) di dalam kurikulum pendidikan. Diimbangi dengan motivasi belajar mahasiswa diharapkan akan menambah kesiapan menjadi guru profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh hasil belajar Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) terhadap kesiapan menjadi guru profesional (2) pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional (3) pengaruh hasil belajar Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) dan motivasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2012. Rancangan yang digunakan bersifat kuantitatif eksplanasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan propotional random sampling yaitu dari populasi yang berjumlah 174 mahasiswa kemudian dihitung menggunakan rumus Slovin didapatkan sebanyak 121 sampel. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar MKB (X1) terhadap kesiapan menjadi guru profesional (Y) mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2012 (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar (X2) terhadap kesiapan menjadi guru profesional (Y) mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2012 (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar MKB (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap kesiapan menjadi guru profesional (Y) mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2012. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah (1) Bagi Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang hendaknya lebih memotivasi mahasiswa agar lebih bersemangat dalam mengikuti perkuliahan (2) Bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi hendaknya memotivasi diri mereka untuk giat belajar dan sungguh-sunguh dalam mengikuti perkuliahan agar bisa mencapai cita-cita yang diinginkan (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menambahkan variabel matakuliah umum dan lebih fokus dalam membuat pertanyaan angket.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39583 |
Actions (login required)
View Item |