Nisa', Farokh Khoirun (2016) Analisis motivasi minat belajar siswa kelas XI lintas minat pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Farokh Khoirun Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khoirun Farokh Nisa. 2016. Analisis Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas XI Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang. Skipsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P.Ak. (II) Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P.Ak Kata Kunci motivasi dan minat belajar Prestasi dalam pembelajaran sangat erat kaitannya dengan motivasi dan minat belajar siswa. Motivasi adalah kekuatan yang ada di dalam diri siswa yang dapat mendorong ataupun menggerakkan siswa untuk melakukan suatu aktivitas (belajar) dan mencapai tujuan (belajarnya) dengan maksimal. Sedangkan minat sendiri yaitu suatu ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui penyebab tingginya motivasi dan minat belajar pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI Lintas Minat di SMA Negeri 1 Lawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini diketahuiTingginya motivasi belajar siswa kelas XI lintas minat pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang dikarenakan (a) adanya anggapan siswa bahwa dengan mengikuti pelajaran ekonomi siswa mendapatkan kemudahan di masa depan sehingga memberikan dorongan untuk belajar dengan lebih baik. (b) keinginan untuk berprestasi dalam mata pelajaran ekonomi tinggi. (c) ketatnya persaingan atau kompetensi dalam kelas.(d) dukungan dari guru.Sedangkan tingginya minat belajar siswa kelas XI lintas minat pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang dikarenakan (a) Partisipasi aktif siswa(b) Siswa memposisikan mata pelajaran ekonomi sebagai mata pelajaran yang penting. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka penulis memberikan saran kepada pihak-pihakyang berkepentingan yaitu agar guru selalu memotivasi siswa dan menumbuhkan rasa ketertarikan kepada mata pelajaran ekonomi agar prestasi yang didapatkan bisa terus naik atau stabil. Bagi sekolah saran penulis adalah untuk meningkatkan performa dalam mendukung pembelajaran dan memberikan kegiatan ekstra kurikuler yang berkaitan dengan pembelajaran. Bagi penulis yang lain agar dapat melanjutkan penulisan mengenai motivasi dan minat belajar siswa dengan subjek yang lebih beragam dan dengan metode yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39582 |
Actions (login required)
View Item |