Perbedaan penerapan metode pembelajaran make a match dan round table terhadsap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 4 Blitar / Nadia Ikhsani Amalia

Amalia, Nadia Ikhsani (2016) Perbedaan penerapan metode pembelajaran make a match dan round table terhadsap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 4 Blitar / Nadia Ikhsani Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia, Nadia Ikhsani. 2016. Perbedaan Penerapan Metode Pembelajaran Make a Match dan Round Table terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMAN 4 Blitar. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si. (II) RoÔÇÖufah Inayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Make a Match, Round Table, Hasil Belajar Hasil belajar siswa pada kelas X IIS SMAN 4 Blitar masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan terakhir siswa yang masih kurang. Guru masih menggunakan metode pembelajaran yang sederhana, seperti ceramah dan diskusi sederhana. Hal ini membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran make a match dan round table. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode make a match dan round table. Hasil belajar yang diukur dalam penelitian ini hanya terbatas pada ranah kognitif. Setelah mengetahui perbedaan hasil belajar dengan perlakuan berbeda, dapat diketahui metode pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar.. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) desain nonequivalent control group design dengan pretest-postest. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas X IIS 5 dipilih sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan metode make a match. Kelas X IIS 3 dipilih sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode round table. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar yang ditunjukkan dari rata-rata kemampuan akhir (post-test) dan gain score siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil post-test menunjukkan kemampuan akhir siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil gain score menunjukkan selisih nilai antara pretest dan post-test. Hasil uji hipotesis terhadap post-test terdapat signifikansi 0,005 < 0,05. Hasil uji hipotesis terhadap gain score terdapat signifikansi 0,020 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunakan metode pemebelajaran make a match dan round table. Saran dalam penelitian ini diantaranya: 1) guru disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran make a match sebagai alternatif dalam menerapkan model pembelajaran di dalam kelas, 2) peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian terkait metode pembelajaran make a match dan round table, 3) Prodi Pendidikan Ekonomi disarankan untuk menjadikan hasil penelitian sebagai masukan terkait penggunaan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39577

Actions (login required)

View Item View Item