Wahyuningtyas, Trieana (2016) Penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 Lintas Minat SMA Laboratorium UM / Trieana Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuningtyas Trieana. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mia 1 Lintas Minat SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi S S.Th. M. Div M.E. Kata Kunci Guided Note Taking (GNT) Teams Games Tournament (TGT) Hasil Belajar. Hasil observasi awal di SMA Laboratorium UM kelas X MIA 1 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih di bawah standar sebesar 76. Hal itu disebabkan karena pembelajaran ekonomi di kelas tersebut masih klasikal sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan kooperatif yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan bagaimana penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran ekonomi dan apakah penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dan apakah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga kehadiran dan peran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Data yang diteliti yaitu fokus pada hasil belajar siswa. Hasil penelitian dari siklus 1 diperoleh berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar yaitu nilai pre test siklus 1 sebesar 0% dan post test sebesar 22 85% . Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar menunjukkan peningkatan yaitu nilai pre test sebesar 22 85% dan post test sebesar 77 14%. Dan dari ranah afektif juga mengalami peningkatan dari semula tidak ada siswa yang tergolong dalam kategori sangat baik 19 siswa kategori baik 13 siswa dalam kategori cukup baik dan 3 siswa dalam kategori kurang baik menjadi 3 siswa dalam kategori sangat baik 25 siswa kategori baik dan 7 siswa dalam kategori cukup baik. Dan dari ranah psikomotor juga mengalami peningkatan semula terdapat 17 siswa yang masuk ke dalam kategori baik 13 siswa kategori cukup baik 5 siswa kategori kurang baik menjadi 27 siswa kategori baik dan 8 siswa dalam kategori cukup baik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan metode pembelajaran guided note taking (GNT) dan model pembelajaran teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat dibuat saran sebagai berikut (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi sebaiknya memilih materi yang cocok dengan metode dan model pembelajaran tersebut (2) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengelola kelas lebih baik lagi sehingga semua tahapan-tahapan dalam metode dan model pembelajaran dapat terlakasana dengan baik dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39575 |
Actions (login required)
View Item |