Suryani, Muhammad Edi (2016) Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (kelas XI IIS MAN Malang 1 tahun pelajaran 2015/2016) / Muhammad Edi Suryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Edi Suryani Muhammad. 2016. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi (Kelas XI IIS MAN Malang 1 Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E M.Pd (II) Dr. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci Lingkungan Keluarga Fasilitas Belajar di Rumah dan Prestasi Belajar Siswa. Lingkungan keluarga merupakan salah satu aspek yang mempunyai peranan penting dalam menentukan tingkat prestasi belajar siswa. Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama hal ini disebabkan karena keluarga merupakan orang-orang terdekat bagi seorang anak. Selain lingkungan keluarga ketersediaan fasilitas belajar di rumah merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam menentukan tingkat prestasi belajar siswa. dengan dukungan dari keluarga dan dengan ketersediaan fasilitas belajar di rumah akan memudahkan siswa dalam mencapai prestasi belajar. Dalam penelitian ini ada tiga tujuan yang ingin diketahui pertama seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kedua seberapa besar pengaruh fasilitas belajar di rumah secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan Ketiga seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajardi rumah secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa metode angket (kuesioner) dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik regresi linier berganda dan untuk menguji pengaruhnya menggunakan uji t dan uji F. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan uji t bahwa nilait hitung (2 129) t tabel (2 039) atau signifikansi (X1) 0 041 0 05. dan ada pengaruh yang signifikan secara parsial fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan uji t bahwa nilai yang diperoleh t hitung (2 388) t tabel (2 039) atau signifikansi (X2) 0 023 0 05. Sedangkan secara simultan ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan sarana prasarana belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan uji F bahwa nilai yang diperoleh Fhitung (7.550) Ftabel (3 30) dan signifikansi 0 002 0 05. Dari penelitian yang telah dilakukan maka peneliti memberikan saran bagi siswa agar menumbuhkan kebiasaan belajar yang baik agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Bagi orang tua agar menciptakan lingkungan keluarga yang kondusif untuk belajar serta melengkapi fasilitas belajar di rumah agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39572 |
Actions (login required)
View Item |