Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XG SMAN 9 Malang / Nurwachidah Sinta Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XG SMAN 9 Malang / Nurwachidah Sinta Wardani

Wardani, Nurwachidah Sinta (2016) Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XG SMAN 9 Malang / Nurwachidah Sinta Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Nurwachidah Sinta. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kekatifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XG SMAN 9 Malang . Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M.Si (II) Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Time Token Keaktifan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi pendidikan yang merupakan kunci perbaikan kualitas sumberdaya manusia. Perbaikan kualitas pendidikan dilakukan oleh beberapa pihak. Pemerintah telah melakukan beberapa upaya dalam perbaikan kualitas pendidikan salah satunya dalam hal kurikulum. Kurikulum yang berlaku sekarang yaitu kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran dengan tujuan memperoleh hasil belajar yang maksimal melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Namun pada kenyataannya di dalam kelas hanya beberapa siswa yang aktif sehingga terlihat beberapa siswa mendominasi dalam pembelajaran dan siswa yang lain hanya diam. Selain itu siswa kurang bisa memahami pelajaran hal ini dapat dibuktikan dengan hasil ulangan harian siswa yang masih banyak di bawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif sehingga tidak ada yag mendominasi dalam pembelajaran yaitu model pembelajaran time token. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus di mana tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelas XG SMAN 9 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 30 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Maret. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran time token mengalami peningkatan dengan persentase dari siklus I sebesar 83 33% yang termasuk kategori baik menjadi 92 05% yang termasuk kategori sangat baik pada siklus II. Keaktifan siswa mengalami peningkatan dengan persentase dari siklus I sebesar 63 33% yang termasuk kategori cukup menjadi 79 95% yang termasuk kategori aktif pada siklus II. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar 43 33% atau sebanyak 13 siswa menjadi 93 33% atau seabnyak 28 siswa. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru mata pelajaran ekonomi sekolah dan peneliti selanjutnya. Guru mata pelajaran ekonomi hendaknya guru memperhatikan materi mana yang bisa digunakan dengan model pembelajaran time token seperti materi yang tidak berupa hitung-hitungan membedakan kartu bicara yang digunakan untuk bertanya menjawab atau berpendapat sehingga fungsi dari kartu bicara tersebut semakin terlihat. Bagi pihak sekolah hendaknya mempertimbangkan model pembelajaran time token untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran ekonomi yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Dan bagi peneliti selanjutnya hendaknya peneliti selanjutnya menggunakan subjek yang berbeda dan pengumpulan data mengenai time token sebaiknya ditambah sumber dari siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39571

Actions (login required)

View Item View Item