Sriwahyuni, Nia Ayu (2016) Pengembangan media pembelajaran game edukasi pada mata pelajaran ekonomi kels X IIS SMA Laboratorium UM / Nia Ayu Sriwahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sriwahyuni Nia Ayu. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skrpsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono M.Si (2) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd Kata kunci Media Pembelajaran Ekonomi Game Edukasi Economics Quiz Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan teknologi pada proses belajar mengajar terutama teknologi multimedia komputer. Dalam dunia pendidikan berbagai media pembelajaran berbasis multimedia ini mulai dikembangkan untuk membantu terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan menarik. Salah satu bentuk media pembelajaran berbasis multimedia adalah game edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ekonomi berbentuk game edukasi Economics Quiz bagi siswa kelas X IIS SMA Laboratorium UM. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan game edukasi Economics Quiz berdasarkan penilaian ahli materi ahli media dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R D) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model pengembangan Borg Gall (1983). Tahapannya meliputi (1) Analisis Kebutuhan (2) Perencanaan Media (3) Pengembangan Produk (4) Uji Coba Kelompok Kecil (5) Revisi Produk Awal (6)Uji Coba Lapangan (7) Revisi Produk Akhir Pada tahap uji validitas dilakukan validasi materi oleh dua orang ahli materi (dosen dan guru) dan validasi media oleh satu orang ahli media (dosen). Game edukasi ini diuji cobakan kepada siswa dalam dua tahap yaitu tahap uji coba kelompok kecil (15 siswa) dan tahap uji coba lapangan (30 siswa). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Setelah data uji coba berhasil didapatkan maka dilakukan pengolahan data. Pengolahan data hasil uji coba dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan didapatkan presentase hasil uji coba oleh ahli media sebesar 96% ahli materi sebesar 70 625% hasil uji coba kelompok kecil sebesar 84 39% dan hasil uji coba lapangan sebesar 86 62%. Menurut pedoman kriteria tingkat kelayakan media maka media pembelajaran game edukasi ini sudah valid. Uji Keefektifan media 86 67% siswa yang menggunakan media pembelajaran mampu mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi ini layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39570 |
Actions (login required)
View Item |