Setiawan (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X 6K2 SMA Negeri 10 Malang / Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiawan 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X 6K2 SMAN 10 Malang. Penelitian. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lisa Rokhmani M.Si. (2) Drs. A. Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci Hasil Belajar Keaktifan Belajar Pembelajaran Kooperatif Model Pembelajaran Group Investigation. Hasil belajar peserta didik SMAN 10 Malang pada Mata Pelajaran Ekonomi masih dikategorikan rendah. Berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) senilai 75 terdapat beberapa peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM. Peserta didik yang paling banyak memperoleh nilai di bawah KKM terbanyak di kelas X 6K2 yang mencapai lebih dari 50%. Selain itu ditemukan permasalahan keaktifan belajar peserta didik di kelas tersebut. Berdasarkan hasil penyebaran angket yang dilakukan penulis menunjukkan lebih dari 50% peserta didik mudah bosan saat proses pembelajaran ekonomi di kelas. Peserta didik saat bosan melakukan kegiatan seperti mengobrol coret-coret buku bermain HP tidur makan mendengarkan musik membaca materi lain dan melamun. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada Mata Pelajaran Ekonomi penulis berinisiatif menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa model tersebut memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah memberikan kesempatan peserta didik untuk lebih intensif dalam mencari pemecahan atau solusi suatu permasalahan mengajarkan keterampilan berdiskusi serta bekerja secara berkelompok memungkinkan peserta didik menjadi lebih aktif terlibat dalam belajar baik secara mandiri atau dalam kelompok diskusi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data hasil belajar khususnya aspek kognitif diperoleh melalui tes tulis. Peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh dengan membandingkan hasil tes tertulis pada siklus I dan siklus II. Sedangkan keaktifan peserta didik diperoleh dengan teknik pengamatan menggunakan instrumen observasi keaktifan pada aspek kegiatan bertanya menjawab atau mengemukakan pendapat berdiskusi dan presentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui peningkatan hasil belajar dari siklus I sebesar 79 41% menjadi 85 30% pada siklus II naik 5 89%. Peningkatan ini telah mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%. Sedangkan keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 53 92% menjadi 74 50% pada siklus II naik sebesar 20 58%. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39569 |
Actions (login required)
View Item |