Pengaruh pemanfaatan bantuan dana pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 Universitas Negeri Malang / Farikhatul Nadiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan bantuan dana pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 Universitas Negeri Malang / Farikhatul Nadiroh

Nadiroh, Farikhatul (2016) Pengaruh pemanfaatan bantuan dana pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 Universitas Negeri Malang / Farikhatul Nadiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farikhatul Nadiroh. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Bantuan Dana Pendidikan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2012 Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahjoedi M.E (II) Drs. H. Sapir S.Sos M. Si . Kata Kunci Pemanfaatan Bantuan Dana Pendidikan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Hasil Belajar mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktornya adalah pemanfaatan bantuan dana pendidikan dan motivasi belajar. Di era modern ini beragamnya kebutuhan dan gaya hidup mahasiswa yang menerima bantuan dana pendidikan mengakibatkan kesalahan pola pikir mahasiswa dalam memanfaatkannya. Karena pada dasarnya jika pemanfaatannya sesuai maka kebutuhan belajar mereka akan lengkap sehingga mereka lebih termotivasi lagi dalam belajar yang nantinya akan berdampak pada hasil belajar mereka. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya penelitian tentang Pengaruh Pemanfaatan Bantuan Dana Pendidikan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2012. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh dan jika ada pengaruh seberapa besar pengaruh variabel bebas pemanfaatan bantuan dana pendidikan (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y). Sampel yang diambil adalah mahasiswa S1 pendidikan ekonomi angkatan 2012 yang mendapatkan bantuan dana pendidikan tahun anggaran 2015 yang berjumlah 64 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk variabel pemanfaatan bantuan dana pendidikan dan dokumentasi untuk variabel hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 23.00 dengan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan bantuan dana pendidikan berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan pengaruh sebesar 7 404% (2) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar sebesar 7 429% (3) pemanfaatan bantuan dana pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar secara simultan berpengaruh positif sebesar 14 8%. Berdasarkan hasil analisis tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif variabel pemanfaatan bantuan dana pendidikan terhadap hasil belajar mahasiswa S1 pendidikan ekonomi angkatan 2012 yang mendapatkan bantuan dana pendidikan tahun anggaran 2015 (2) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa S1 pendidikan ekonomi angkatan 2012 yang mendapatkan bantuan dana pendidikan tahun anggaran 2015 (3) terdapat pengaruh secara simultan variabel pemanfaatan bantuan dana pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa S1 pendidikan ekonomi angkatan 2012 yang mendapatkan bantuan dana pendidikan tahun anggaran 2015. Dalam penelitian ini saran yang dapat diberikan penulis kepada (1) instansi pemberi bantuan dana pendidikan diharapkan dalam menyeleksi penerima bantuan dana pendidikan harus lebih selektif lagi sehingga penyaluran bantuan dana tersebut tepat sasaran sehingga pemanfaatannya juga tepat sesuai dengan tujuan diberikannya bantuan dana tersebut (2) mahasiswa penerima bantuan dana pendidikan diharapkan benar-benar memanfaatkannya untuk keperluan yang menunjang tingkat pendidikannya (3) Penelitian ini sebagai masukan peneliti lain yang ingin mengembangkannya dan dapat diperluas dengan variabel lain yang yang lebih berpengaruh terhadap pola konsumsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39567

Actions (login required)

View Item View Item