Yuliana, Ima (2016) Perbedaan penerapan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Ima Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuliana Ima. 2016. Perbedaan Penerapan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) dan Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang . Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Mardono M.Si. pembimbing II Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd Kata Kunci two stay two stray student team achievement division hasil belajar Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam penerapan metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah dengan diterapkannya kurikulum 2013. SMA Negeri 8 Malang telah menerapkan beberapa metode pembelajaran yang dilakukan pada saat proses belajar mengajar. Dari berbagai macam metode pembelajaran metode two stay two stray dan student team achievement division pernah di terapkan di SMA 8 Malang namun yang paling sering diterapkan oleh pendidik adalah metode STAD karena dinilai lebih mudah diterapkan. Dengan begitu dibutuhkan penelitian untuk melihat perbedaan hasil belajar yang berarti diantara perlakuan diantara menerapakan dengan metode TSTS dan metode STAD. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 8 Malang dengan sampel dua kelas yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini yaitu metode pembelajaran two stay two stray (TSTS) dan student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi. Dalam menentukan hipotesis penelitian menggunakan uji beda dua rata-rata (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata kemampuan awal siswa atau pre test di kelas eksperimen yaitu 59 31. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 56 00. Untuk kemampuan akhir siswa atau post test diketahui bahwa nilai rata-rata di kelas eksperimen sebesar 68 62. Sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 63 31. Untuk uji hipotesis dilihat dari hasil uji-t yang dilakukan terhadap nilai hasil pre test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji-t yang dilakukan kepada hasil pre test menunjukkan bahwa nilai probalibilitas sig lebih dari 0 05 artinya kedua kelas tersebut memiliki kemampuan yang sama sebelum penerapan pembelajaran. sedangkan untuk uji-t pada nilai post test menunjukkan bahwa nilai probabilitas sig kurang dari 0 05 artinya kedua sampel tersebut memiliki perbedaan setelah penerapan pembelajaran. Saran yang bisa disampaikan penulis dalam penulis dalam penelitian ini yaitu pendidik lebih baik untuk memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi yang dibahas di dalam kelas karena setiap metode pembelajaran memiliki keunggulan masing-masing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39560 |
Actions (login required)
View Item |