Pengembangan e-comic sebagai media pembelajaran ekonomi kelas X di SMAN 7 Malang pokok bahasan sistem pembayaran dan alat pembayaran / Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-comic sebagai media pembelajaran ekonomi kelas X di SMAN 7 Malang pokok bahasan sistem pembayaran dan alat pembayaran / Irawati

Irawati (2016) Pengembangan e-comic sebagai media pembelajaran ekonomi kelas X di SMAN 7 Malang pokok bahasan sistem pembayaran dan alat pembayaran / Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawati. 2016. Pengembangan e-comic sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Kelas X di SMAN 7 Malang Pokok Bahasan Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (2) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Elektronik Teknologi e-comic Kesuksesan belajar selain ditentukan oleh metode pembelajaran juga tidak terlepas dari beberapa faktor diantaranya media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Media memiliki peran untuk menjelaskan konsep materi yang diajarkan agar menjadi lebih nyata bagi siswa dan membantu guru dalam menyampaikan materi dalam proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti kepada guru Ekonomi di SMAN 7 Malang guru merasa kesulitan untuk menyampaikan materi Ekonomi dengan menambahkan informasi tentang lingkungan disekitar baik itu lingkungan sosial maupun lingkungan alam dalam proses belajar mengajar di kelas karena guru hanya menggunakan cara verbal yaitu metode ceramah. Peneliti memberikan solusi menggunakan media pembelajaran e-comic untuk pokok bahasan sistem pembayaran dan alat pembayaran serta menambahkan beberapa informasi yang dapat menambah kepedulian siswa terhadap lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah pengembangan menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 di SMAN 7 Malang. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang berasal dari validasi ahli media materi dan penilaian dari siswa terhadap media. Produk e-comic ini menggunakan aplikasi Adobe Flash CS3 dan diletakkan ke dalam Compact Disk (CD) untuk diberikan kepada guru ekonomi SMAN 7 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pengembangan media e-comic sebagai media pembelajaran pokok bahasan sistem pembayaran dan alat pembayaran memiliki kriteria sangat layak dengan perolehan persentase sebesar 98% dari ahli materi sebesar dari ahli media 95% dan sebesar 97% dari angket penilaian siswa sehingga dapat digunakan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39558

Actions (login required)

View Item View Item