Sari, Luthfiana (2016) Penerapan model pembelajaran problem solving melalui kegiatan lesson study untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Srengat Blitar / Luthfiana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Luthfiana 2016.Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving MelaluiKegiatan Lesson Study UntukMeningkatkanKeaktifan Dan HasilBelajarSiswaKelas X Di SMAN 1 SrengatBlitar. Skripsi Program StudiPendidikanEkonomi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. AgungHaryono S.E. M.P. Ak. (2) Ro ufahInayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Problem Solving Lesson Study Keaktifan HasilBelajarEkonomi. Penelitiantindakankelasini dilatarbelakangiolehpermasalahanbelajarsiswapadamatapelajaranekonomi di SMAN 1 SrengatBlitar yaitutingkatkeaktifansiswa yang rendahdanrendahnyajumlahsiswa yang tuntasbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswadenganmenerapkan model pembelajaranpenyelesaianmasalahatau yang biasadisebutProblem SolvingmelaluikegiatanLesson Study. Penelitianiniterselesaikandengan 2 siklus yang terdiridari 3 kali pertemuantiapsiklusnya padapertemuanpertamadilaksanakandengankegiatanLesson Study pertemuankeduadiskusikelompokdalammenyelesaikanpermasalahan setelahitumelakukankegiatanevaluasidenganmemberikansiswasoalulanganharian. Teknikdanalatpengumpulan data padapenelitianinimenggunakan data berupadokumenhasilulanganhariansiswauntukmengukurhasilbelajarranahkognitif dandalamkeaktifansiswadanranahafektifmenggunakandaftarskordarilembarobservasi. HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanProblem SolvingmelaluikegiatanLesson Study keaktifandanhasilbelajarsiswapadaranahkognitifdanafektifpadamatapelajaranEkonomiterjadipeningkatan yang signifikandibandingkansebelumtindakan setelahsiklus I dansiklus II padahasilbelajarranahafektif. Presentase rata-rata kelaskeaktifansiswasebelumtindakansebesar32% setelahtindakansiklus I menjadi 63 99% dansetelahtindakansiklus II menjadi 79 42%. Untukpersentasekelashasilbelajarranahkognitifsebelumtindakansebesar 40% setelahtindakansiklus I menjadi 81% dansetelahtindakansiklus II menjadi 100%.Padaranahafektifdenganpresentase rata-rata kelassiklus I sebesar 90 73% menjadi 97 93% padasiklus II. Berdasarkanhasiltersebutpenelitiantindakankelasiniberhasil sebabtelahmencapai target yang ditentukan.UntukpenelitianselanjutnyadisarankandalampelaksanaanLesson Studyhendaknyadiawasi minimal olehkepalasekolahuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa yang optimal danmenambahkanvariabelmotivasibelajarpadaranahafektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39550 |
Actions (login required)
View Item |