pengaruh gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Rizqi Amaliyah

Amaliyah, Rizqi (2016) pengaruh gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Rizqi Amaliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amaliyah, Rizqi 2016. Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di MAN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E, M.P, Ak. (II) Drs. H. Sapir, S.Sos, M.Si. Kata Kunci : Gaya Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Hasil Belajar. Hasil belajar merupakan hasil proses belajar siswa dalam kurun waktu tertentu. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan ekstern. Gaya belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar. Permasalahan di MAN 3 Malang yaitu siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, sehingga siswa akan mudah mencapai hasil belajar yang maksimal dengan gaya belajar siswa sendiri. Selain itu, terdapat siswa yang kurang memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan. Seharusnya siswa lebih bisa memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh sekolah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 3 Malang. (2) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 3 Malang. (3) pengruh gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI di MAN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang yang berjumlah 93 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan pengolahan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 3 Malang. (2) terdapat pengaruh yang positif pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 3 Malang. (3) terdapat pengaruh yang positif gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 3 Malang. Saran yang dapat penulis berikan: (1) Bagi guru, hendaknya memahami gaya belajar setiap siswa dan membimbing siswa untuk menemukan gaya belajar siswa sesuai karakter siswa (2) Bagi sekolah hendaknya fasilitas belajar di sekolah yang telah disediakan untuk siswa hendaknya dijaga dan dirawat agar tidak sampai ada yang rusak atau tidak bisa dimanfaatkan untuk menunjang belajar siswa. (3) Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian mengenai gaya belajar dan pemanfaatn fasilitas belajar di sekolah hendaknya menambah variabel penelitian yang sesuai dengan kondisi sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39548

Actions (login required)

View Item View Item