Pengaruh gaya belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Panjura Malang / Cindy Hastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Panjura Malang / Cindy Hastuti

Hastuti, Cindy (2016) Pengaruh gaya belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Panjura Malang / Cindy Hastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hastuti Cindy. 2016. Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Panjura Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W S.E M.P Ak (2) Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci Gaya Belajar Lingkungan Keluarga Hasil Belajar Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku. Belajar dapat dilakukan dimana saja seperti di sekolah atau di luar sekolah. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Gaya belajar termasuk ke dalam faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Lingkungan keluarga termasuk ke dalam faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Permasalahan ini muncul di kelas XI IPS SMA Panjura Malang. Siswa di SMA Panjura Malangmemiliki gaya belajar dan lingkungan keluarga yang beragam. Dengan demikian hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Panjura Malang akan beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Panjura Malang (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Panjura Malang (3) pengaruh gaya belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Panjura Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanasi. Populasi penelitian berjumlah 153 siswa dan sampel sejumlah 109 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil data dianalisis menggunakan program SPSS 21.00 for windows. Hasil penelitisn ini menunjukkan bahwa (1) gaya belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Panjura Malang (2) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Panjura Malang (3) gaya belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Panjura Malang. Saran pada penelitian ini (1) bagi guru Guru diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang bervariasi agar siswa dapat terpacu untuk belajar dengan gaya belajar yang bervariasi sehingga siswa dapat menemukan gaya belajar yang sesuai dengan dirinya. Selain itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal guru diharapkan mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa agar guru dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya lingkungan keluarga siswa untuk mendukung hasil belajar siswa secara maksimal (2) bagi peneliti selanjutnya Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini sebagai masukan yang dapat membantu peneliti lain untuk mengembangkanny

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39546

Actions (login required)

View Item View Item